PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, SIKAP BAHASA, DAN KEBIASAAN MEMBACA TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA SMP KELAS IX SE DENPASAR TIMUR

Dewi, Ni Putu Yunia (2020) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, SIKAP BAHASA, DAN KEBIASAAN MEMBACA TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA SMP KELAS IX SE DENPASAR TIMUR. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1829011006-COVER.pdf

Download (437kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1829011006-ABSTRAK.pdf

Download (315kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
1829011006-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (330kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1829011006-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (451kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1829011006-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (477kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1829011006-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (745kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1829011006-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (212kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1829011006-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (335kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1829011006-LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan ada tidaknya pengaruh beberapa variabel, yaitu: (1) motivasi belajar, (2) sikap bahasa, (3) kebiasaan membaca, dan (4) motivasi belajar, sikap bahasa, dan kebiasaan membaca secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IX se-Denpasar Timur. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP kelas IX se-Denpasar Timur yang berjumlah 1.846 orang. Penetapan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik sampling rangkap, yaitu sampling kuota dan proportional simple random sampling. Penelitian ini dirancang dalam bentuk penelitian ex post facto. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner untuk memperoleh data mengenai motivasi belajar, sikap bahasa, dan kebiasaan membaca dan menggunakan dokumentasi berupa nilai tes sumatif semester ganjil 2019 untuk memperoleh data mengenai prestasi belajar Bahasa Indonesia. Data dianalisis menggunakan rumus product moment dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa SMP kelas IX se-Denpasar Timur dengan koefisien korelasi sebasar 0, 372 dan sumbangan efektif sebesar 9, 672%, (2) terdapat pengaruh yang signifikan sikap bahasa terhadap hasil prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa SMP kelas IX se-Denpasar Timur dengan koefisien korelasi sebasar 0, 437 dan sumbangan efektif sebesar 8, 390%, (3) terdapat pengaruh yang signifikan kebiasaan membaca terhadap prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa SMP kelas IX se-Denpasar Timur dengan koefisien korelasi sebasar 0, 747 dan sumbangan efektif sebesar 41, 907%, dan (4) secara bersama-sama, terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar, sikap bahasa, dan kebiasaan membaca terhadap prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa SMP kelas IX se-Denpasar Timur dengan koefisien korelasi ganda sebasar 0, 627 dan sumbangan efektif sebesar 59, 969%. Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar, sikap bahasa, dan kebiasaan membaca terhadap prestasi belajar Bahasa Indonesia. Berdasarkan temuan tersebut disarankan agar guru lebih meningkatkan motivasi belajar siswa, sikap bahasa siswa, serta kebiasaan membaca siswa khususnya dalam pembelajaran bahasa Indonesia karena ketiga hal tersebut merupakan faktor penting untuk memperoleh hasil belajar yang maksimal.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: motivasi belajar, sikap bahasa, kebiasaan membaca, prestasi belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Bahasa (S2)
Depositing User: Ni Putu Yunia Dewi
Date Deposited: 29 Jul 2020 14:58
Last Modified: 29 Jul 2020 14:58
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3118

Actions (login required)

View Item View Item