Megayanti, Kadek Manik (2020) THE ANALYSIS OF PERCEPTIONS AND IMPLEMENTATION OF PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE OF TEACHING ENGLISH TO YOUNG LEARNERS BY ENGLISH PRIMARY SCHOOL TEACHERS IN BANGLI. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1612021054-COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1612021054-ABSTRAK.pdf Download (290kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1612021054-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1612021054-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1612021054-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1612021054-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1612021054-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (728kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1612021054-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (533kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1612021054-LAMPIRAN.pdf Download (19MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi dan implementasi Pengetahuan Konten Pedagogik (PCK) dalam mengajar Bahasa Inggris kepada pelajar usia dini oleh guru-guru sekolah dasar bahasa Inggris di Bangli dan konsistensi antara persepsi dan implementasi guru. Penelitian ini menggunakan desain metode campuran tertanam dengan dominan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru-guru bahasa Inggris di sekolah dasar negeri di Kabupaten Bangli yang mencakup 3 guru bahasa Inggris dari berbagai sekolah. Convenience sampling digunakan sebagai teknik untuk memilih guru dan sekolah. Terdapat 4 instrumen yang digunakan seperti peneliti sendiri sebagai instrumen utama, kuesioner, lembar observasi, dan panduan wawancara. Kuesioner digunakan untuk mengumpulkan data persepsi guru, lembar observasi digunakan untuk mengumpulkan data implementasi dan wawancara dilakukan untuk mendapatkan konfirmasi guna memvalidasi data yang diperoleh melalui observasi dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan skor rata-rata persepsi guru adalah 3.6203 dan dalam interval 3.3335 ≤ M < 4.0005. Persepsi dikategorikan tinggi dan dalam kualifikasi kuat. Ini berarti para guru memiliki pemahaman yang baik tentang konsep PCK. Frekuensi rata-rata implementasi guru adalah 4.7045 dan pada interval 0.329 ≤ M < 5.0795 yang dikategorikan sangat rendah. Ini berarti para guru menunjukkan sedikit upaya dalam mengimplementasikan PCK di kelas. Oleh karena itu, konsistensi antara persepsi dan implementasi tidak menunjukkan konsistensi karena persepsi dikategorikan tinggi, sedangkan implementasi dikategorikan sangat rendah. Ketidakkonsistenan ini disebabkan oleh tantangan pribadi dan institusional yang dihadapi oleh guru yang diamati seperti kurangnya waktu, manajemen perilaku siswa yang tidak efektif, bahan ajar berbasis buku teks, tidak memiliki latar belakang pendidikan bahasa Inggris dan fasilitas sekolah yang tidak memadai.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | persepsi, implementasi, pengetahuan konten pedagogik, pengajaran bahasa Inggris, pelajar usia dini |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | Kadek Manik Megayanti |
Date Deposited: | 28 Jul 2020 08:57 |
Last Modified: | 28 Jul 2020 08:57 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3121 |
Actions (login required)
View Item |