Dewi, Sarah Lutfiah (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING BERBANTUAN MULTIMEDIA TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA KELAS IV GUGUS TUANKU IMAM BONJOL KECAMATAN DENPASAR BARAT TAHUN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031407-COVER.pdf Download (717kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031407-ABSTRAK.pdf Download (417kB) |
|
Text (BAB 1)
1611031407-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (323kB) |
|
Text (BAB 2)
1611031407-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (373kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
1611031407-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (866kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
1611031407-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (507kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
1611031407-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (317kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031407-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (319kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031407-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Quantum Teaching berbantuan multimedia terhadap kompetensi pengetahuan IPA kelas IV Gugus Tuanku Imam Bonjol kecamatan Denpasar Barat tahun 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan rancangan penelitian yang digunakan yaitu Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini melalui tiga tahap kegiatan yakni tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap akhir eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah semua kelas IV Gugus Tuanku Imam Bonjol tahun ajaran 2019/2020. Sampel diambil dengan cara cluster random sampling. Kelas IV SDN 25 Pemecutan sebagai kelas eksperimen dan kelas IVA SDN 7 Dauh Puri sebagai kelas kontrol. Data yang dikumpulkan adalah nilai kompetensi pengetahuan IPA dengan nilai kognitif (posttest). Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan menggunakan tes objektif pilihan ganda. Analisis data yang digunakan adalah dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (t hitung = 10,13 > t tabel = 2,00) sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil rata-rata kompetensi pengetahuan IPA kelas IV menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching berbantuan multimedia lebih dari siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional (84,69 > 67,04) dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model Quantum Teaching berbantuan multimedia berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan IPA kelas IV Gugus Tuanku Imam Bonjol Tahun 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | quantum teaching, multimedia, kompetensi pengetahuan ipa |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Sarah Lutfiah Dewi |
Date Deposited: | 29 Jul 2020 08:58 |
Last Modified: | 29 Jul 2020 08:58 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3141 |
Actions (login required)
View Item |