PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING BERBANTUAN MULTIMEDIA TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA KELAS IV GUGUS TUANKU IMAM BONJOL KECAMATAN DENPASAR BARAT TAHUN 2019/2020

Dewi, Sarah Lutfiah (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING BERBANTUAN MULTIMEDIA TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA KELAS IV GUGUS TUANKU IMAM BONJOL KECAMATAN DENPASAR BARAT TAHUN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611031407-COVER.pdf

Download (717kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611031407-ABSTRAK.pdf

Download (417kB)
[img] Text (BAB 1)
1611031407-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (323kB)
[img] Text (BAB 2)
1611031407-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (373kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
1611031407-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (866kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
1611031407-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (507kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
1611031407-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (317kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031407-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (319kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611031407-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Quantum Teaching berbantuan multimedia terhadap kompetensi pengetahuan IPA kelas IV Gugus Tuanku Imam Bonjol kecamatan Denpasar Barat tahun 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan rancangan penelitian yang digunakan yaitu Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini melalui tiga tahap kegiatan yakni tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap akhir eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah semua kelas IV Gugus Tuanku Imam Bonjol tahun ajaran 2019/2020. Sampel diambil dengan cara cluster random sampling. Kelas IV SDN 25 Pemecutan sebagai kelas eksperimen dan kelas IVA SDN 7 Dauh Puri sebagai kelas kontrol. Data yang dikumpulkan adalah nilai kompetensi pengetahuan IPA dengan nilai kognitif (posttest). Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan menggunakan tes objektif pilihan ganda. Analisis data yang digunakan adalah dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (t hitung = 10,13 > t tabel = 2,00) sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil rata-rata kompetensi pengetahuan IPA kelas IV menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching berbantuan multimedia lebih dari siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional (84,69 > 67,04) dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model Quantum Teaching berbantuan multimedia berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan IPA kelas IV Gugus Tuanku Imam Bonjol Tahun 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: quantum teaching, multimedia, kompetensi pengetahuan ipa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Sarah Lutfiah Dewi
Date Deposited: 29 Jul 2020 08:58
Last Modified: 29 Jul 2020 08:58
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3141

Actions (login required)

View Item View Item