Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa SD

Cahyani, Ni Putu Mila (2020) Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611031062-COVER.pdf

Download (642kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611031062-ABSTRAK.pdf

Download (162kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031062-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (196kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031062-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (274kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031062-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (300kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031062-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (353kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031062-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (177kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031062-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (186kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611031062-LAMPIRAN.pdf

Download (448kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas model pembelajaran kooperatif tipe TPS terhadap hasil belajar IPS siswa di SD. Metode yang digunakan adalah meta-analisis yaitu merieview secara sistematik dengan menganalisis hasil-hasil kajian penelitian yang telah dipublikasi disitus-situs resmi yang telah terakreditasi secara nasional yang berkaitan dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TPS terhadap hasil belajar IPS. Penelitian ini, berjumlah tujuh jurnal nasional pada jenjang sekolah dasar khususnya penelitian eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS terhadap hasil belajar IPS. Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif, yaitu menghitung effect size dari tujuh artikel dengan mengidentifikasi mean, standar deviasi dan varians dari perhitungan pada uji t. Hasil analisis yang telah dilakukan ditemukan bahwa secara keseluruhan nilai rata-rata effect size sebesar 1,378 yang dikategorikan besar. Setelah analisis data dengan formula effect size, dari tujuh artikel tersebut efektifitas model pemebelajaran kooperatif tipe TPS yang paling besar adalah penelitian yang dilakukan oleh Andi Fathul Asdar (2016). Keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe TPS juga berpengaruh terhadap penggunaan media gambar, audio visual atau konsep-konsep lain juga memberikan dampak yang signifikan pada pengaplikasian model kooperatif tipe TPS seperti multimedia, benda konkret, maupun kolaborasi dengan model kooperatif lainnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: meta-analisis, efect size, model kooperatif tipe TPS, hasil belajar
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Putu Mila Cahyani
Date Deposited: 28 Jul 2020 21:17
Last Modified: 28 Jul 2020 21:17
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3199

Actions (login required)

View Item View Item