PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING BERBANTUAN MEDIA QUESTION BOX TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN MATEMATIKA KELAS V SD GUGUS II KECAMATAN BANGLI TAHUN AJARAN 2019/2020

Suprianingsih, Ni Wayan Sri (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING BERBANTUAN MEDIA QUESTION BOX TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN MATEMATIKA KELAS V SD GUGUS II KECAMATAN BANGLI TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (1611031273-COVER)
1611031273-COVER.pdf

Download (766kB)
[img] Text (1611031273-ABSTRAK)
1611031273-ABSTRAK.pdf

Download (131kB)
[img] Text (1611031273-BAB I PENDAHULUAN)
1611031273-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (135kB)
[img] Text (1611031273- BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031273-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (182kB) | Request a copy
[img] Text (1611031273-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031273-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (369kB) | Request a copy
[img] Text (1611031273-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031273-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (268kB) | Request a copy
[img] Text (1611031273- BAB 5 PENUTUP)
1611031273-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (81kB) | Request a copy
[img] Text (1611031273-DAFTAR PUSTAKA)
1611031273-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (200kB)
[img] Text (1611031273-LAMPIRAN)
1611031273-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Posing berbantuan media Question Box terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika kelas V SD Gugus II Bangli. Penelitian ini menggunakan desain quasi eksperimen dengan rancangan desain Non Equivalen Control Group Design. Sebelum melaksanakan kesetaraan kelompok terlebih dahulu mengetahui populasi yang digunakan dalam penelitian ini yakni seluruh kelas V SD Gugus II Kecamatan Bangli yakni sebanyak 8 kelas dengan banyak siswa 235 orang. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel penelitian ini sebagai kelompok eksperimen ialah kelas V SD No. 3 Kawan Bangli sebanyak 38 siswa dan sebagai kelompok control yaitu kelas V SD No. 5 Kawan Bangli sebanyak 39 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode tes .Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dilaksanakan menggunakan tes objektif (pilihan ganda biasa). Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis uji-t dengan rumus polled varians. Padakelompokeksperimenreratapenguasaanuntukkompetensipengetahuanmatematikayaitu¯x = 81,92 dan kelompok kontrol ¯x= 70,05. Analisis data dalam hasil penelitian menunjukkan bahwa thitung= 8,1912 >ttabel=2,000 pada taraf signifikansi 5 % dk = 38 + 39 – 2 = 75, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan matematika antara kelompok yang dibelajarkan dengan model pembelajaran problem posing berbantuan media question box dengan kelompok yang dibelajarkan secara konvensional. Dengan demikian, dapat disimpulkan model pembelajaran problem posing berbantuan media question box berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan matematika kelas V SD Gugus II Kecamatan Bangli TahunAjaran 2019/2020. Kata-kata kunci :Problem Posing ,Question Box, Kompetensi Pengetahuan Matematika

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Problem Posing, Question Box, Kompetensi Pengetahuan Matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Wayansri Suprianingsih
Date Deposited: 28 Jul 2020 21:23
Last Modified: 28 Jul 2020 21:23
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3220

Actions (login required)

View Item View Item