PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE BERBANTUAN KARTU BERGAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV GUGUS X KECAMATAN BULELENG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

SUKERTI, NI KETUT (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE BERBANTUAN KARTU BERGAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV GUGUS X KECAMATAN BULELENG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (1611031322-COVER)
1611031322-COVER.pdf

Download (731kB)
[img] Text (1611031322-ABSTRAK)
1611031322-ABSTRAK.pdf

Download (421kB)
[img] Text (1611031322-BAB I PENDAHULLUAN)
1611031322-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (471kB)
[img] Text (1611031322-BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031322-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (542kB) | Request a copy
[img] Text (1611031322-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031322-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (973kB) | Request a copy
[img] Text (1611031322-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031322-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (652kB) | Request a copy
[img] Text (1611031322-BAB 5 PENUTUP)
1611031322-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (345kB) | Request a copy
[img] Text (1611031322-DAFTAR PUSTAKA)
1611031322-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (350kB)
[img] Text (1611031322-LAMPIRAN)
1611031322-LAMPIRAN.pdf

Download (13MB)

Abstract

ABSTRAK Mengetahui pengaruh yang signifikan dari hasil belajar Bahasa Indonesia yang belajar dengan model scramble berbantuan kartu bergambar dengan siswa yang tidak menggunakan model tersebut adalah tujuan dari penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara hasil populasi penelitian adalah siswa kelas IV SD Gugus X Kecamatan Buleleng tahun ajaran 2019/2020 sebanyak 126 siswa. Penelitian ini merupakan eksperimen semu (quasi experiment), dengan rancangan Nonequivalent Control Group Design. Pengambilan Sampel digunakan dengan teknik cluster random sampling dan yang dirandom adalah kelas sebagai intaks group. Sehingga dari hasil pengundian yang digunakan sebagai sampel dalam penelitian yaitu siswa kelas IV SD N 3 Kaliuntu sebanyak 20 orang sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas IV SD N 1 Kaliuntu sebanyak 27 orang sebagai kelompok kontrol. Data hasil belajar Bahasa Indonesia dikumpulkan dengan menggunakan metode tes dan instrument berupa tes objektif pilihan ganda biasa (multiple choice test), yang kemudian dianalisis menggunakan uji-t. Hasil perhitungan analisis diperoleh thitung = 7,78 dibandingkan dengan ttabel pada taraf signifikansi 5% (db) = 20 + 27 – 2 = 45 sehingga diperoleh harga ttabel = 2,02. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata kelompok eksperimen lebih tinggi dari nilai rata-rata kelompok kontrol (16,4>10). Dengan demikian, model pembelajaran scramble berbantuan kartu bergambar berpengaruh terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Gugus X Kecamatan Buleleng tahun ajaran 2019/2020. Kata-kata kunci: Bahasa Indonesia, kartu bergambar, scramble.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata-kata kunci: Bahasa Indonesia, kartu bergambar, scramble.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Ketut Sukerti
Date Deposited: 28 Jul 2020 21:26
Last Modified: 28 Jul 2020 21:26
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3231

Actions (login required)

View Item View Item