PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE BERBANTUAN MEDIA QUESTION CARD TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN PPKN SISWA KELAS V SD GUGUS LETDA MADE PUTRA TAHUN AJARAN 2019/2020

Juliarta, I Wayan Agus (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE BERBANTUAN MEDIA QUESTION CARD TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN PPKN SISWA KELAS V SD GUGUS LETDA MADE PUTRA TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611031404-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611031404-ABSTRAK.pdf

Download (308kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031404-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (320kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031404-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (448kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031404-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (729kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031404-Bab 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (497kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031404-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (317kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031404-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (289kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611031404-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Berdasarkan Hasil Observasi diperoleh data berupa nilai Penilaian Tengah Semester (PTS) ganjil tahun ajaran 2019/2020 pada pelajaran PPKn yang belum memuaskan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Take and Give Berbantuan Media Question Card Terhadap Kompetensi Pengetahuan PPKn Siswa Kelas V SD Gugus Letda Made Putra Tahun Ajaran 2019 / 2020. Jenis penelitian yang dilakukan adalah kuantitatif dengan desain eksperimen semu dan rancangannya non equivalen control group. Populasinya seluruh kelas V yang ada di Gugus Letda Made Putra yang terdiri dari 11 kelas dengan dua sampel penelitian diambil dengan cara random sampling terdapat sampel eksperimen yang diterapkan model Take And Give berbantuan media question card untuk kelas V SD 18 Dangin Puri sebanyak 39 Siswa dan kelas V Sd 2 Dangin Puri sebanyak 39 siswa sebagai kontrol yang dibelajarkan secara konvensional. Pengumpulan datanya menggunakan metode tes berupa tes objektif pilihan ganda biasa. Setelah dilakukan penelitian menunjukakan adanya perbedaan kompetensi pengetahuan PPKn kedua kelompok. Terbukti dari nilai rata – rata kelompok eksperimen yaitu X̅ = 0,733 lebih dari kelompok kontrol X̅= 0.445. dan setelah dianalisis menggunakan t-test dengan rumus polled varians. Diperoleh ananlisis datanya (thitung=8,835 > ttabel =1,992) dengan alpha 5% dan (dk =39+39-2=76) maka penolakan Ho dan penerimaan Ha yang berarti adanya perbedaan yang signifikan antar kedua kelompok sampel. Maka dari itu dengan penerapan Model Take and Give berbantuan media Question Card memberi Pengaruh pada Kompetensi Pengetahuan PPKn Kelas V SD Gugus Letda Made Putra Tahun Ajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Take and Give, Question Card, Kompetensi pengetahuan PPKn
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: I Wayan Agus Juliarta
Date Deposited: 29 Jul 2020 09:29
Last Modified: 29 Jul 2020 09:29
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3239

Actions (login required)

View Item View Item