Ariadi, I Putu Mas (2020) Penerapan Model Problem Based Flipped Classroom untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI MIA 4 di SMA Negeri 1 Sukawati Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1513021043-COVER.pdf Download (600kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1513021043-ABSTRAK.pdf Download (107kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1513021043-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (158kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1513021043-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (247kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1513021043-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (290kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1513021043-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (279kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1513021043-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (52kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1513021043-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (202kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1513021043-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: (1) meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa, (2) prestasi belajar siswa, dan (3) mendeskripsikan tanggapan siswa terhadap implementasi model Problem Based Flipped Classroom (PBFC) dalam pembelajaran fisika. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA 4 SMA Negeri 1 Sukawati. Subjek penelitian berjumlah 36 orang siswa. Instrumen penelitian ini adalah (1) tes keterampilan berpikir kritis, (2) tes prestasi belajar, dan (3) angket tanggapan siswa. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan model PBFC dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa dengan rata-rata nilai 77,12 dengan SD = 7,06 (ketuntasan klasikal 88,89%) pada siklus I menjadi 81,16 dengan SD = 5,37 (ketuntasan klasikal 97,22%) pada siklus II, (2) prestasi belajar siswa dengan rata-rata nilai 68,55 dengan SD = 5,50 (ketuntasan klasikal 77,78%) pada siklus I menjadi 72,83 dengan SD = 4,23 (ketuntasan klasikal 94,44%) pada siklus II, dan (3) tanggapan siswa terhadap penerapan model PBFC dalam pembelajaran fisika memiliki rata-rata skor 103,11 dengan SD = 14,38 dalam kategori positif. Simpulan dari penelitian ini adalah model problem based flipped classroom dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan prestasi belajar siswa kelas XI MIA 4 SMA Negeri 1 Sukawati.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PBFC, berpikir kritis, prestasi belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan Fisika (S1) |
Depositing User: | I Putu Mas Ariadi |
Date Deposited: | 29 Jul 2020 12:19 |
Last Modified: | 29 Jul 2020 12:19 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3262 |
Actions (login required)
View Item |