THE ANALYSIS OF PERCEPTION AND THE IMPLEMENTATION OF PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE IN TEACHING ENGLISH TO YOUNG LEARNERS BY PRIMARY ENGLISH TEACHERS IN JEMBRANA REGENCY

Utari, Dewa Ayu Yuri Dianita (2020) THE ANALYSIS OF PERCEPTION AND THE IMPLEMENTATION OF PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE IN TEACHING ENGLISH TO YOUNG LEARNERS BY PRIMARY ENGLISH TEACHERS IN JEMBRANA REGENCY. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1612021059-COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1612021059-ABSTRAK.pdf

Download (135kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1612021059-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (158kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1612021059-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1612021059-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (246kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1612021059-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (680kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1612021059-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (136kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1612021059-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (242kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1612021059-LAMPIRAN.pdf

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi guru dan pengimplementasian pengetahuan konten pedagogik (PCK) dalam pembelajaran bahasa Inggris pada pembelajar usia dini (TEYL). Penelitian ini juga bertujuan untuk menganalisis konsistensi antara persepsi guru dan pengimplementasian PCKnya. Penelitian ini menerapkan metode campuran tertanam dengan dominan kualitatif oleh Cresswell (2012). Penelitian ini melibatkan 3 orang guru bahasa Inggris dari tiga sekolah dasar yang berbeda di kabupaten Jembrana. Mereka dipilih sebagai subyek dengan menggunakan teknik pemilihan sampel convinience. Penelitian ini menggunakan empat jenis instrumen, antara lain peneliti, kuisioner, lembar observasi, dan panduan wawancara. Penelitian ini menggunakan model analisis interaktif oleh Miles and Huberman (1994) dalam menganalisis data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa skor rata-rata dari persepsi guru adalah 4,065 yang dikualifikasikan sebagai persepsi yang sangat kuat. Sedangkan, skor rata-rata dari pengimplementasian guru terhadap PCK yaitu 1,9142, yang dikualifikasikan sebagai implementasi yang sangat rendah. Hal tersebut menunjukkan persepsi guru serta pengimplementasian dari PCK dalam pembelajaran bahasa Inggris untuk pembelajar usia dini tidak konsisten. Ketidakkonsistenan tersebut disebabkan karena guru-guru dari latar belakang pendidikan bukan bahasa Inggris tidak terlalu menguasai bahasa Inggris, para guru kesulitan dalam mencari ide untk membuat media yang cocok dengan materi pelajaran, kurangnya waktu dalam proses pembelajaran, dan kurangnya pengalaman dalam mengajar bahasa Inggris. Oleh karena itu, implikasi dari penelitian ini, diantaranya para guru perlu mengikuti program pengembangan keprofesionalan dan para pembuat kebijakan perlu menyediakan panduan praktis mengenai pembelajaran bahasa Inggris pada anak usia dini dan menyediakan program pengembangan keprofesionalan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: persepsi guru, implementasi, pengetahuan konten pedagogik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Dewa Ayu Yuri Dianita Utari
Date Deposited: 28 Jul 2020 20:08
Last Modified: 28 Jul 2020 20:08
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3264

Actions (login required)

View Item View Item