Penerapan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Berbantuan Media Lingkungan untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematika dan Sikap Nasionalisme Siswa Kelas VIIC SMP N 1 Seririt

Septianingsih, Ni Made (2020) Penerapan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Berbantuan Media Lingkungan untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematika dan Sikap Nasionalisme Siswa Kelas VIIC SMP N 1 Seririt. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1613011077-COVER.pdf

Download (306kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1613011077-ABSTRAK.pdf

Download (37kB)
[img] Text (PENDAHULUAN)
1613011077-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (404kB)
[img] Text (KAJIAN TEORI)
1613011077-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (491kB) | Request a copy
[img] Text (METODE PENELITIAN)
1613011077-BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (649kB) | Request a copy
[img] Text (HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613011077-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (419kB) | Request a copy
[img] Text (PENUTUP)
1613011077-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (77kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613011077-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (55kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1613011077-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan representasi matematika, sikap nasionalisme siswa dan mengetahui respon siswa terhadap penerapan pendekatan kontekstual berbantuan media lingkungan dalam proses pembelajaran. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam tiga siklus dan tiap siklusnya terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIC SMP Negeri 1 Seririt sebanyak 32 orang pada semester genap tahun ajaran 2019/2020. Data kemampuan representasi matematika siswa dikumpulkan dengan tes kemampuan representasi berbentuk uraian yang dikumpulkan pada akhir setiap siklus. Data sikap nasinalisme siswa dikumpulkan menggunakan angket pada setiap akhir siklus. Data respon siswa dikumpulkan dengan angket di akhir siklus III. Hasil penelian ini menunjukkan rata-rata nilai kemampuan representasi siswa meningkat dari siklus I, II, dan III adalah 56,41; 67,97 dan 72,08. Rata-rata skor siswa dengan sikap nasionalisme kategori minimal tinggi mengalami peningkatan dari siklus I, II, dan III berturut-turut adalah 57,13; 61,34 dan 66,68. Respon siswa terhadap penerapan pendekatan kontekstual berbantuan media lingkungan tergolong positif.Hal ini tercapai karena pada setiap siklus guru selalu mengaitkan materi yang diajar dengan situasi sehari-hari dan memfasilitasi siswa dengan media lingkungan serta melakukan refleksi di setiap siklus dan memperbaiki kesalahan yang terjadi pada siklus sebelumnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan kontekstual, media lingkungan, kemampuan representasi, sikap nasionalisme
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Ni Made Septianingsih
Date Deposited: 29 Jul 2020 04:44
Last Modified: 29 Jul 2020 04:44
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3296

Actions (login required)

View Item View Item