Dwipayana, Pande Gde Agus (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN DASAR LISTRIK DAN ELEKTRONIKA DI SMK NEGERI 1 DENPASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1315061022-COVER.pdf Download (618kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1315061022-ABSTRAK.pdf Download (202kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1315061022-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (343kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1315061022-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (570kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1315061022-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (481kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1315061022-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (481kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1315061022-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (199kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1315061022-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (205kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1315061022-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika Kelas X TL (Teknik Instalasi Tenaga Listrik) SMK Negeri 1 Denpasar dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD). Penelitian ini menggunakan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data dianalisis dengan menggunakan teknik kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar Dasar Listrik dan Elektronika siswa kelas X TL (Teknik Instalasi Tenaga Listrik) SMK Negeri 1 Denpasar. Hal ini dapat dilihat dari ketuntasan pada siklus I adalah 23 siswa (65,71%) menjadi sebanyak 30 siswa (85,71%) pada siklus II dan peningkatan jumlah siswa yang dinyatan tuntas dari siklus I ke siklus II sebanyak 20,00%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif, Hasil Belajar, Dasar Listrik dan Elektronika |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknologi Industri > Program Studi Pendidikan Teknik Elektro (S1) |
Depositing User: | Pande Gde Agus d |
Date Deposited: | 03 Aug 2020 01:09 |
Last Modified: | 03 Aug 2020 01:09 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3303 |
Actions (login required)
View Item |