DEVELOPING MULTILINGUAL THEMATIC PICTURE DICTIONARY AS MEDIA IN ENGLISH CLASS FOR FOURTH GRADE ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS’ LITERACY

Wulandari, Putu Ratih (2020) DEVELOPING MULTILINGUAL THEMATIC PICTURE DICTIONARY AS MEDIA IN ENGLISH CLASS FOR FOURTH GRADE ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS’ LITERACY. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1612021068-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1612021068-ABSTRAK.pdf

Download (75kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1612021068-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (337kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1612021068-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (497kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1612021068-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (229kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1612021068-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1612021068-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (349kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1612021068-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (248kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1612021068-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyusun kamus multibasa tematik bergambar sebagai media dalam pembelajaran Bahasa Inggris untuk kemampuan literasi siswa kelas empat Sekolah Dasar. Penelitian ini menerapkan jenis penelitian Desin and Development (D&D) dengan menggunakan model ADDE yang diusulkan oleh Richey and Klein (2007). Terdapat empat tahapan utama dalam penelitian ini yaitu Analisys, Design, Development, dan Evaluation. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas empat Sekolah Dasar yang terletak di desa dan di kota. Data yang dibutuhkan dalam penelitian ini dukumpulkan melalui observasi, wawancara, kuesioner, analisis dokumen, dan rubrik penilaian ahli. Data yang telah terkumpul dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan enam instrumen penelitian. Keenam intrumen tersebut adalah lembar observasi, panduan wawancara untuk guru, panduan wawancara untuk siswa, kuesioner, lembar penilaian validitas konten, dan lembar penilaian kualitas produk. Data yang diperoleh melalui kegiatan observasi, wawancara guru, wawancara siswa, dan analisis dokumen dianalisis secara kualitatif. Data yang dihasilkan dari penilaian validitas konten dan penilaian kualitas produk dianalisis secara kuantitatif. Produk yang dihasilkan pada penelitian ini adalah berupa kamus cetak yang memuat Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Bahasa Bali, contoh kalimat, dan gambar nyata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Siswa membutuhkan media kamus yang dapat mendukung pengembangan kemampuan literasi mereka, (2) Produk berupa kamus disusun melalui empat tahap yaitu menganalisis, mendesain, mengembangkan, dan menilai, dan (3) Isi kamus sangat relevan dengan kriteria kamus multibahasa tematik bergambar dan produk dikategorikan sebagai media yang sangat baik berdasarkan hasil dari penilaian validitas konten dan kualitas produk oleh ahli.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: literasi, pebelajar anak-anak, kamus
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Putu Ratih Wulandari
Date Deposited: 28 Jul 2020 20:23
Last Modified: 28 Jul 2020 20:23
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3321

Actions (login required)

View Item View Item