Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Bebas dan Keterampilan Berpikir Kritis terhadap Hasil Belajar IPA Siswa SMP

Kusuma, I Made Wirahadi (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Bebas dan Keterampilan Berpikir Kritis terhadap Hasil Belajar IPA Siswa SMP. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1723071008-COVER.pdf.pdf

Download (314kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1723071008-ABSTRAK.pdf.pdf

Download (45kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1723071008-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf.pdf

Download (96kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1723071008-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (131kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1723071008-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1723071008-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (200kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1723071008-BAB 5 PENUTUP.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (70kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1723071008-DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf

Download (98kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1723071008-LAMPIRAN.pdf.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan dan menjelaskan perbedaaan hasil belajar IPA antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran inkuiri bebas dan yang belajar dengan model pembelajaran langsung; (2) mendeskripsikan dan menjelaskan interaksi antara model pembelajaran dan keterampilan berpikir kritis terhadap hasil belajar IPA; (3) mendeskripsikan dan menjelaskan perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran inkuiri bebas dan yang belajar dengan model pembelajaran langsung pada siswa yang memiliki keterampilan berpikir kritis tinggi; (4) mendeskripsikan dan menjelaskan perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran inkuiri bebas dan yang belajar dengan model pembelajaran langsung pada siswa yang memiliki keterampilan berpikir kritis rendah. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Singaraja tahun pelajaran 2018/2019 dengan populasi siswa kelas VIII yang berjumlah 248 siswa. Sampel penelitian adalah VIII A6 sebagai kelas eksperimen dan VIII A8 sebagai kelas kontrol. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan melibatkan dua kelas yang berjumlah 62 siswa. Desain penelitian ini adalah nonequivalent pretest posttest control group design. Kelas-kelas yang dilibatkan dalam penelitian ini ditentukan dengan teknik undian. Metode pengumpulan data yaitu dengan metode tes. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan Analisis Varians (ANAVA) dua jalur dilanjutkan dengan uji Tukey dengan taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang belajar dengan model pembelajaran inkuiri bebas dan model pembelajaran langsung; (2) terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan keterampilan berpikir kritis terhadap hasil belajar IPA; (3) terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran inkuiri bebas dan model pembelajaran langsung pada siswa yang memiliki keterampilan berpikir kritis tinggi; (4) terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran inkuiri bebas dan model pembelajaran langsung pada siswa yang memiliki keterampilan berpikir kritis tinggi.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: inkuiri bebas, hasil belajar, keterampilan berpikir kritis.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S2)
Depositing User: I Made Wirahadi Kusuma
Date Deposited: 29 Jul 2020 06:12
Last Modified: 29 Jul 2020 06:12
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3334

Actions (login required)

View Item View Item