PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SELF REGULATED LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA SISWA KELAS IV DI SD GUGUS V KECAMATAN KARANGASEM TAHUN AJARAN 2019/2020

Yudastriputri, NiNyoman (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SELF REGULATED LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA SISWA KELAS IV DI SD GUGUS V KECAMATAN KARANGASEM TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611031097-COVER.pdf

Download (348kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611031097-ABSTRAK.pdf

Download (42kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031097-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (130kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031097-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (244kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031097-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (297kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031097-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (307kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031097-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (69kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031097-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (58kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611031097-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA pada siswa kelas IV di SD Gugus V Kecamatan Karangasem antara yang dibelajarkan dan yang tidak dibelajarkan dengan model pembelajaran self regulated learning berbantuan media audio visual. Jenis dari penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain nonequivalent post tes only control group. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas IV SD di Gugus V Kecamatan Karangasem yang terdiri dari 9 kelas dengan jumlah siswa 168 orang. Penentuan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Jumlah sampel penelitian ini sebanyak 34 siswa. Pengambilan data dilakukan menggunakan metode tes pilihan ganda yang berjumlah 22 butir. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif dan analisis infrensial yaitu uji t dengan rumus polled varians. Dari analisis tersebut didapatkan mean kelas eksperimen sebesar 88,41 dan mean kelas kontrol sebesar 69,35. Harga thitung berdasarkan rumus polled varians didapatkan sebesar 59,562 sementara tTabel sebesar 2,042 sehingga thitung > tTabel. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA pada siswa kelas IV di SD Gugus V Kecamatan Karangasem antara yang dibelajarkan dan yang tidak dibelajarkan dengan model pembelajaran self regulated learning berbantuan media audio visual sehingga dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran self regulated learning berbantuan media audio visual terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas IV di SD Gugus V Kecamatan Karangasem Tahun Ajaran 2019/2020. Kata kunci : self regulated learning, audio visual.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: self regulated learning, audio visual.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Nyoman Yudastri Putri
Date Deposited: 29 Jul 2020 02:02
Last Modified: 29 Jul 2020 02:02
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3339

Actions (login required)

View Item View Item