Pengaruh Challenge Based Learning Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas XI di SMA Negeri 1 Seririt

Subawa, Ida Putu Wicaksana (2020) Pengaruh Challenge Based Learning Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas XI di SMA Negeri 1 Seririt. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (ABSTRAK)
1613011067-ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text (COVER)
1613011067-COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613011067-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (6MB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1613011067-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1613011067-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613011067-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1613011067-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613011067-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1613011067-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh challenge based learning terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Seririt. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Seririt pada tahun pelajaran 2019/2020, meliputi XI MIA 1, XI MIA 2, XI MIA 3, XI IIS 1, XI IIS 2, XI BABUD 1, dan XI BABUD 2. Ukuran populasi tersebut adalah 245. Sampel penelitian ini adalah XI MIA 2, XI IIS 2, dan XI BABUD 1 sebagai kelas eksperimen, sedangkan XI MIA 1, XI IIS 1, dan XI BABUD 2 sebagai kelas kontrol. Ukuran sampel tersebut adalah 210 dimana 106 untuk kelas eksperimen dan 104 untuk kelas kontrol. Kelas eksperimen mendapat challenge based learning dalam proses pembelajaran di kelas, sedangkan kelas kontrol mendapat model pembejaran konvensional. Analisis dalam penelitian ini memerlukan data interval berupa prestasi belajar matematika siswa. Data prestasi belajar matematika siswa dikumpulkan dengan menggunakan test akhir prestasi belajar matematika siswa. Data tersebut dianalisis dengan uji satu sampel Kolmogorof-Smirnov, uji F untuk dua sampel bebas, dan uji t untuk dua sampel bebas (uji satu arah) dengan taraf signifikansi 5%. Hasil analisis adalah sampel penelitian berdistribusi normal dengan Dmaksimal-eksperimen = 0,078 dan Dmaksimal-kontrol = 0,131, sampel penelitian memiliki varians homogen dengan F = 1,132, dan uji kesamaan dua rata-rata memberikan nilai t = 40,712 > 1,645 = ttabel. Hal tersebut berarti prestasi belajar matematika siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Seririt dengan pembelajaran menggunakan challenge based learning lebih tinggi daripada prestasi belajar matematika siswa dengan pembelajaran menggunakan model pembelajaran konvensional. Dengan demikian, hasil penelitian ini adalah challenge based learning berpengaruh positif terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Seririt.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: challenge based learning, model pembelajaran konvensional, prestasi belajar matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Ida Putu Wicaksana Subawa
Date Deposited: 29 Jul 2020 16:02
Last Modified: 29 Jul 2020 16:02
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3363

Actions (login required)

View Item View Item