PENGARUH PEMBELAJARAN BIOLOGI DENGAN STRATEGI FLIPPED CLASSROOM MENGGUNAKAN EDMODO TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS XI MIPA SMA NEGERI 2 SINGARAJA

Kurniasari, Ni Nengah Desi (2020) PENGARUH PEMBELAJARAN BIOLOGI DENGAN STRATEGI FLIPPED CLASSROOM MENGGUNAKAN EDMODO TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS XI MIPA SMA NEGERI 2 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1613041022-COVER.pdf

Download (904kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1613041022-ABSTRAK.pdf

Download (170kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613041022-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (314kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1613041022-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (481kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1613041022-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (516kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613041022-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (477kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1613041022-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (358kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613041022-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (299kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1613041022-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui adanya perbedaan hasil belajar kognitif antara siswa yang dibelajarkan dengan strategi flipped classroom menggunakan Edmodo dan model pembelajaran konvensional di kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Singaraja.Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu, dengan desain penelitian non-equivalent pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 2 singaraja tahun ajaran 2019/2020. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling terhadap kelas. Penelitian ini menggunakan 2 sampel kelas, yaitu kelas XI MIPA 5 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 6 sebagai kelas kontrol. Data hasil belajar kognitif siswa dikumpulkan dengan tes hasil belajar kognitif. Data dianalisis menggunakan uji-t dengan taraf signifikan 5% yang diawali dengan menggunakananalisis uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan nilai thitung = 2,308 > 1,99834 = ttabel, dengan demikian H0 ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar kognitif antara siswa yang dibelajarkan dengan strategi Flipped Classroom menggunakan Edmodo dan model pembelajaran konvensional di kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Singaraja. Hasil analisis data diperoleh bahwa rata-ratapost-test kelompok eksperimen sebesar 74,79 lebih baik dari hasil rata-rata nilai post-test kelompok kontrol yaitu 70,62 dengan nilai KKM yang ditentukan yaitu sebesar 70. Dengan demikian, penerapan pembelajaran biologi dengan flipped classroom menggunakan edmodo berpengaruh positif pada hasil belajar kognitif siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Flipped Classroom, Edmodo, Hasil Belajar Kognitif, Pembelajaran konvensional
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Biologi dan Perikanan Kelautan > Program Studi Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Ni Nengah Desi Kurniasari
Date Deposited: 29 Jul 2020 04:33
Last Modified: 29 Jul 2020 04:33
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3397

Actions (login required)

View Item View Item