Ferisnayani, Nyoman (2020) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) BERBANTUAN MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1613011085-COVER.pdf Download (647kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1613011085-ABSTRAK.pdf Download (124kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613011085-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (185kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1613011085-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (313kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1613011085-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (364kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613011085-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (242kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1613011085-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (51kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613011085-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (113kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1613011085-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Tujuan pelaksanaan penelitian ini untuk melihat pengaruh penerapan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) berbantuan mind mapping terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika. Penelitian yang merupakan penelitian eksperimen semu ini menggunakan pretest-posttest control group design. Populasi penelitian yakni siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Singaraja tahun ajaran 2019/2020. Dengan menggunakan teknik cluster random sampling, diperoleh sampel sebanyak 64 siswa yang terdiri dari kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Tes uraian digunakan baik pada pretest dan posttest untuk mengukur kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Data dari hasil penelitian dikumpul dan dianalisis dengan uji ANACOVA pada taraf signifikansi 5%. Analisis penelitian menghasilkan nilai FA*= 4,111 dan nilai Ftabel = 3,998. Karena FA* > Ftabel, diambil keputusan untuk menerima H1. Artinya, kemampuan pemahaman siswa terkait konsep matematika saat dibelajarkan dengan model pembelajaran MMP berbantuan mind mapping lebih baik dibanding siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional. Oleh sebab itu, dapat disimpulkan model pembelajaran MMP berbantuan mind mapping memberi pengaruh positif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project, Mind Mapping, Pemahaman Konsep Matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | NYOMAN FERISNAYANI |
Date Deposited: | 29 Jul 2020 03:30 |
Last Modified: | 29 Jul 2020 03:30 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3437 |
Actions (login required)
View Item |