Anggarawati, Ni Made (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PAILKEM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI PADA SISWA KELAS XI MM SMK PGRI 3 BADUNG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1829011007-COVER.pdf Download (663kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1829011007-ABSTRAK.pdf Download (309kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1829011007-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (342kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1829011007-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (462kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1829011007-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (580kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1829011007-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1829011007-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (214kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1829011007-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (328kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1829011007-LAMPIRAN.pdf Download (7MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) prestasi siswa setelah menerapkan model pembelajaran PAILKEM dalam menulis teks eksplanasi pada siswa kelas XI MM SMK PGRI 3 Badung, (2) langkah-langkah penerapan model pembelajaran PAILKEM dalam menulis teks eksplanasi pada siswa kelas XI MM SMK PGRI 3 Badung, dan (3) respon siswa setelah menerapkan model pembelajaran PAILKEM dalam menulis teks eksplanasi pada siswa SMK PGRI 3 Badung. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari lima komponen, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia dan siswa kelas XI MM SMK PGRI 3 Badung tahun pelajaran 2019/2020. Dalam pengumpulan data digunakan metode observasi, tes, dan angket/kuesioner. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Dari hasil analisis data, adapun tiga hal yang diperoleh, yakni (1) hasil tes prasiklus dari 38 siswa mencapai rata-rata 69, selanjutnya pada siklus satu terjadi peningkatan 7 poin menjadi 76, dan pada siklus kedua terjadi peningkatan 9 poin dari siklus satu menjadi 85. Nilai tersebut sudah mencapai KKM yang ditetapkan sekolah yaitu 80, (2) langkah-langkah penerapan model pembelajaran PAILKEM, yaitu pendahuluan, inti, dan penutup, dan (3) pembelajaran model PAILKEM dapat meningkatkan respon siswa, pada siklus satu, rata-rata 43 (positif) meningkat 2% pada siklus kedua mejadi 45 (sangat positif). Berdasarkan uraian tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PAILKEM dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi siswa kelas XI MM SMK PGRI 3 Badung tahun pelajaran 2019/2020 meningkat. Selain itu, saran dalam penelitian ini, yaitu (1) guru disarankan senantiasa menggunakan secara berkesinambungan model pembelajaran PAILKEM dalam pembelajaran memroduksi teks eksplanasi dan (2) peneliti mengharapkan peneliti lain untuk mengadakan penelitian lanjutan yang sejenis dengan penelitian ini, misalkan pada sub materi yang berbeda.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Menulis, Teks Eksplanasi, PAILKEM. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Bahasa (S2) |
Depositing User: | Ni Made Anggarawati |
Date Deposited: | 29 Jul 2020 12:09 |
Last Modified: | 29 Jul 2020 12:09 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3448 |
Actions (login required)
View Item |