Widyatama, I Putu Wawan Krisna (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom Berbantuan Media Animasi Powtoon Terhadap Pemahaman Konsep Matematika dan Kemandirian Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Kuta Selatan. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1723011012-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1723011012-ABSTRAK.pdf Download (224kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1723011012-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (797kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1723011012-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1723011012-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1723011012-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1723011012-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (566kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1723011012-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (481kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1723011012-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) apakah pemahaman konsep matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model flipped classroom berbantuan media animasi powtoon lebih baik daripada pemahaman konsep matematika siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional, (2) apakah kemandirian belajar siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model flipped classroom berbantuan media animasi powtoon lebih baik daripada kemandirian belajar siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional, dan (3) apakah pemahaman konsep matematika dan kemandirian belajar siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model flipped classroom berbantuan media animasi powtoon lebih baik daripada pemahaman konsep matematika dan kemandirian belajar siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kuta Selatan tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 317 orang siswa dan tersebar ke dalam 10 kelas. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan teknik cluster random sampling, dimana didapatkan dua kelas sebagai sampel yaitu kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII D sebagai kelas kontrol. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain post-test only control group. Data pemahaman konsep matematika siswa dikumpulkan menggunakan tes pemahaman konsep matematika berbentuk uraian, sedangkan data kemandirian belajar siswa didapatkan dengan angket kemandirian belajar siswa. Data dianalisis menggunakan uji Manova dengan taraf signifikansi 5%. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model flipped classroom berbantuan media animasi powtoon lebih baik dibandingkan dengan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional, (2) kemandirian belajar siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model flipped classroom berbantuan media animasi powtoon lebih baik dibandingkan dengan kemandirian belajar siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional, dan (3) kemampuan pemahaman konsep matematika dan kemandirian belajar siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model flipped classroom berbantuan media animasi powtoon lebih baik dibandingkan dengan kemampuan pemahaman konsep matematika dan kemandirian belajar siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Flipped Classroom, Powtoon, Pemahaman Konsep Matematika, Kemandirian Belajar. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S2) |
Depositing User: | I Putu Wawan Krisna Widyatama |
Date Deposited: | 29 Jul 2020 06:07 |
Last Modified: | 29 Jul 2020 06:07 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3473 |
Actions (login required)
View Item |