Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa dalam Kemampuan Pemecahan Masalah pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII SMP Berdasarkan Jenis Kelamin

Sekarini, I Gusti Ayu (2020) Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa dalam Kemampuan Pemecahan Masalah pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII SMP Berdasarkan Jenis Kelamin. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1723011019-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1723011019-ABSTRAK.pdf

Download (367kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1723011019-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (452kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1723011019-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (643kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1723011019-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (671kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1723011019-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1723011019-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (313kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1723011019-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (491kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1723011019-LAMPIRAN.pdf

Download (884kB)

Abstract

Penelitian ini bermula dari kasus di lapangan, yakni tingginya jumlah siswa yang mendapatkan hasil belajar matematika yang masih rendah dan perbedaan antara siswa laki – laki dan perempuan dalam menyelesaikan permasalahan terkait geometri dengan pokok bahasan bangun ruang sisi datar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan pada satu kelas VIII di SMP Negeri 7 Denpasar yang dipilih melalui teknik purposive sampling yang terdiri atas 17 siswa laki – laki dan 13 siswa perempuan. Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik observasi, tes, angket, dan wawancara. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes pemecahan masalah dalam bentuk uraian sebanyak 5 soal yang digunakan untuk mengidentifikasi kesulitan belajar siswa, baik itu siswa laki – laki maupun perempuan dalam materi bangun ruang sisi datar. Selanjutnya, angket terbuka dan wawancara digunakan untuk mengetahui kesulitan belajar apa yang dialami siswa. Kesulitan belajar matematika siswa dalam kemampuan pemecahan masalah hanya menekankan pada proses dan jawaban siswa, dengan indicator kesulitan belajar matematika sebagai berikut: (1) kesulitan dalam memahami masalah, dimana ketidakmampuan siswa dalam menentukan apa saja yang diketahui dan yang ditanyakan dalam suatu masalah. (2) kesulitan menentukan rumus dalam menyelesaikan permasalahan, dimana ketidakmampuan siswa dalam membedakan dan menemukan rumus dari masing – masing bangun ruang sisi datar. dan (3) kesulitan menggunakan rumus dalam menyelesaikan permasalahan, dimana ketidakmampuan siswa dalam menggunakan rumus yang telah ditentukan dengan tepat. Ketiga indicator tersebut terlihat pada hasil tes. Faktor penyebab kesulitan belajar matematika siswa yang terlihat yaitu terdiri dari faktor internal dan eksternal. Faktor internal ditunjukkan dari minat belajar siswa yang kurang , motivasi diri siswa dalam mengikuti pembelajaran sangatlah rendah dan kurangnya kemampuan siswa dalam mengimajinasikan bangun geometri sehingga dapat berpengaruh pada pemahaman siswa terhadap materi geometri. Sedangkan, faktor eksternal terjadi akibat kurang perhatiannya orang tua, pengaruh pergaulan teman, ketidakmampuan guru dalam membangun imajinasi siswa dan kurang kreatifnya guru dalam menyajikan materi. Guru sangat jarang menggunakan alat peraga, yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan dalam memahami unsur – unsur dan rumus geometri terutama pada siswa laki – laki dan perempuan yang kurang memiliki kemampuan abstraksi. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa laki – laki maupun perempuan yang mengalami kesulitan belajar matematika dalam kemampuan pemecahan masalah pada materi bangun ruang sisi datar.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kesulitan belajar matematika, bangun ruang sisi datar, kemampuan pemecahan masalah.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S2)
Depositing User: I Gusti Ayu Sekarini
Date Deposited: 29 Jul 2020 06:10
Last Modified: 29 Jul 2020 06:10
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3474

Actions (login required)

View Item View Item