PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT (STM) UNTUK MENINGKATKAN SIKAP ILMIAH DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS X SMA

Dewi, I Gusti Ayu Chintya Kusuma (2019) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT (STM) UNTUK MENINGKATKAN SIKAP ILMIAH DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS X SMA. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1723071011-Cover.pdf

Download (776kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1723071011-ABSTRAK.pdf

Download (312kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1723071011-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (373kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1723071011-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (940kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1723071011-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL PEMBAHASAN)
1723071011-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1723071011-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (256kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1723071011-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (324kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1723071011-LAMPIRAN.pdf

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan pengembangan perangkat pembelajaran fisika berbasis model pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) yang dilakukan sebagai upaya mengatasi permasalahan pembelajaran fisika di SMA. Permasalahan tersebut seperti sikap ilmiah dan pemahaman konsep siswa yang masih cenderung rendah serta belum adanya suatu perangkat pembelajaran fisika berbasis model STM yang disintesiskan dengan pendekatan saintifik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berupa RPP, buku siswa, LKS, dan buku pegangan guru pada materi momentum dan impuls yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Pengembangan perangkat pembelajaran ini menggunakan model 4-D yang terdiri dari 4 tahap utama yaitu: define, design, develop, dan disseminate. Pengembangan perangkat hanya dilakukan hingga tahap develop. Data hasil penelitian meliputi hasil analisis kebutuhan, perencanaan produk, validitas, kepraktisan, dan keefektifan perangkat pembelajaran. Hasil penelitian diperoleh bahwa (l) perangkat pembelajaran yang dikembangkan menggunakan model pembelajaran STM dengan penalaran induktif, sehingga pendekatan saintifik dapat tersaji secara eksplisit pada materi momentum dan impuls, (2) validitas buku siswa mendapat kategori sangat valid dan validitas buku pegangan guru mendapat kategori valid, (3) tingkat kepraktisan diukur dari keterlaksanaan perangkat pembelajaran, respon guru, dan respon siswa yang keseluhannya mendapat kategori sangat praktis, (4) perangkat pembelajaran yang dikembangkan efektif dalam meningkatkan sikap ilmih dan pemahaman konsep siswa. Berdasarkan temuan hasil penelitian disimpulkan perangkat pembelajaran memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif dalam meningkatkan sikap ilmiah dan pemahaman konsep siswa, sehingga dapat digunakan dalam lingkup lebih luas.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Perangkat Pembelajaran Fisika, Sains Teknologi Masyarakat, Sikap Ilmiah, Pemahaman Konsep
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S2)
Depositing User: I Gusti. Ayu Chintya Kusuma Dewi
Date Deposited: 22 Oct 2019 05:14
Last Modified: 22 Oct 2019 05:14
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/350

Actions (login required)

View Item View Item