Dewi, Gusti Ayu Made Made Liana Angga (2020) PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA KELAS XI AP 2 SMK NEGERI 1 TAMPAKSIRING BERBASIS ETNOMATEMATIKA MELALUI BLENDED LEARNING. Undergraduate thesis, universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1613011078-COVER.pdf Download (894kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1613011078-ABSTRAK.pdf Download (118kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613011078-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (496kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1613011078-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (643kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1613011078-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (535kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613011078-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1613011078-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (121kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613011078-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (216kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1613011078-LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan kemampuan literasi matematika dan tanggapan siswa kelas XI AP 2 SMKN 1 Tampaksiring melalui pembelajaran berbasis etnomatematika melalui blended learning. Penelitian ini adalah penilitian tindakan kelas kolaboratif yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI AP 2 SMKN 1 Tampaksiring sebanyak 34 orang pada semester genap Tahun Ajaran 2019/2020. Data kemampuan literasi matematika diambil melalui tes kemampuan literasi matematika serta tanggapan siswa melalui angket. Analisis data dilakukan secara deskriptif. Hasil penelitian ini diperoleh persentase kemampuan literasi matematika tergolong tuntas meningkat setiap siklus. Persentase kemampuan literasi matematika pada siklus I, II, dan III berturut-turut: 29.41%, 55.88%, dan 73.53%. Rata – rata skor tanggapan siswa 63.08 termasuk dalam katagori positif. Peningkatan kemampuan literasi matematika karena: (1) siswa mempelajari materi secara mandiri melalui video pembelajaran pada kelas online sehingga siswa lebih siap sebelum pembelajaran tatap muka dimulai, (2) pada diskusi online siswa diberi kesempatan untuk aktif berpendapat dan siswa dapat mengkrontruksi pengetahuannya sendiri, melalui soal yang diberikan pada LKS (3) melalui blended learning siswa belajar dari sumber yang tak terbatas, (4) melalui etnomatematika siswa diarahkan bisa menemukan keterkaitan materi berdasarkan lingkungan sekitar mereka.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemampuan literasi matematika, etnomatematika, blended learning. |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | GUSTI AYU MADE LIANA ANGGA DEWI |
Date Deposited: | 30 Jul 2020 01:45 |
Last Modified: | 30 Jul 2020 01:45 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3583 |
Actions (login required)
View Item |