Swandewi, Ni Luh Wayan Gita (2020) TEACHERS' AND STUDENTS' PERCEPTION TOWARD TECHNOLOGY-ENHANCED LANGUAGE LEARNING (TELL) IN ENGLISH TEACHING AND LEARNING PROCESS AT SMA NEGERI BALI MANDARA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1512021224-COVER.pdf Download (784kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1512021224-ABSTRAK.pdf Download (398kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1512021224-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (438kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1512021224-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (279kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1512021224-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (292kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1512021224-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (691kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1512021224-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (233kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1512021224-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (323kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1512021224-LAMPIRAN.pdf Download (863kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi guru Bahasa Inggris dan siswa terhadap TELL (Technology-Enhanced Language Learning) atau pembelajaran bahasa berbantuan teknologi dalam proses belajar mengajar Bahasa Inggris, tantangan atau kendala yang mereka hadapi dan solusi untuk menangani kendala tersebut. Penelitian ini termasuk dalam penelitian campuran dimana kuisioner online dan wawancara merupakan instrumen untuk mengumpulkan data. Kuisioner guru dan siswa masing – masing terdiri dari 40 item pernyataan dan wawancara terdiri dari 8 item pertanyaan yang dikembangkan berdasarkan UTAUT Teori. Sebanyak 2 orang guru Bahasa Inggris dan 126 siswa dari masing – masing angkatan menjadi responden dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru Bahasa Inggris dan siswa memiliki persepsi positif terhadap TELL. Guru percaya bahwa TELL sangat penting dan bermanfaat karena mampu menciptakan pembelajaran yang kreatif dan inovatif, meningkatkan antusias dan kemandirian siswa, meningkatkan keahlian guru dan siswa dalam menggunakan teknologi, dan meningkatkan keahlian Bahasa Inggris siswa. Selain itu, siswa juga mengasumsikan bahwa TELL sangat membantu dan bermanfaat karena mampu membantu siswa dalam menguasai dan memahami materi Bahasa Inggris, meningkatkan kreatifitas dan kinerja siswa serta menyelesaikan tugas dengan tepat dan cepat. Akan tetapi, kedua belah pihak menyatakan bahwa ada beberapa kendala atau tantangan yakni masalah akses internet, biaya dan waktu. Oleh karena itu, guru Bahasa Inggris dan siswa mencoba untuk mengatasi kendala tersebut dengan memberikan tutorial tentang tata cara mengoperasikan media TELL tertentu, meningkatkan keahlian dalam menggunakan teknologi dan Bahasa Inggris, menggunakan media alternatif lainnya serta saling mendukung. Dengan demikian, TELL harus diintegrasikan dalam pembelajaran Bahasa Inggris karena TELL dipersepsikan sebagai sesuatu yang bermanfaat dalam meningkatkan kegiatan pembelajaran. Guru perlu menjaga dan meningkatkan penggunaan TELL dan kedua belah pihak baik guru maupun siswa harus saling mendukung dan memotivasi satu sama lain.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | TELL, percepsi guru, persepsi siswa, UTAUT teori |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | Ni Luh Wayan Gita Swandewi |
Date Deposited: | 29 Jul 2020 14:22 |
Last Modified: | 29 Jul 2020 14:22 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3619 |
Actions (login required)
View Item |