Darmayanti, Luh Dian (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COLLABORATIVE CREATIVITY LEARNING (CCL) BERORIENTASI KEARIFAN LOKAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SERTA DAMPAKNYA TERHADAP KARAKTER POSITIF SISWA KELAS V SD NEGERI DI DESA ANTURAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1513011061-COVER.pdf Download (686kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1513011061- ABSTRAK.pdf Download (201kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1513011061-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (269kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1513011061-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (370kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1513011061-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (464kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1513011061-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (777kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1513011061-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (167kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1513011061-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (389kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1513011061-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Collaborative Creativity Learning berorientasi kearifan lokal terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa serta dampaknya terhadap karakter positif siswa. Penelitian ini merupakan penelitian mixed methods. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri di Desa Anturan tahun ajaran 2018/ 2019 yang berjumlah 89 siswa dan sampel berjumlah 54 siswa. Data kuantitatif diperoleh melalui tes kemampuan pemecahan masalah matematika dan data kualitatif diperoleh dengan wawancara, lembar observasi dan angket sikap siswa. Data kuantitatif dianalisis menggunakan uji-t satu ekor pada taraf signifikansi 5%. Data kualitatif disajikan secara deskriptif dalam bentuk uraian singkat, persentase, diagram dan bentuk fisik. Hasil analisis data kuantitatif menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model Collaborative Creativity Learning berorientasi kearifan lokal lebih tinggi daripada siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Hasil analisis data kualitatif siswa di kelas eksperimen menunjukkan peningkatan karakter yang tergolong positif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Collaborative Creativity Learning, Kearifan Lokal, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Karakter Positif Siswa |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HA Statistics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Luh Dian Darmayanti |
Date Deposited: | 22 Oct 2019 07:21 |
Last Modified: | 22 Oct 2019 07:21 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/365 |
Actions (login required)
View Item |