PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COLLABORATIVE CREATIVITY LEARNING (CCL) BERORIENTASI KEARIFAN LOKAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SERTA DAMPAKNYA TERHADAP KARAKTER POSITIF SISWA KELAS V SD NEGERI DI DESA ANTURAN

Darmayanti, Luh Dian (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COLLABORATIVE CREATIVITY LEARNING (CCL) BERORIENTASI KEARIFAN LOKAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SERTA DAMPAKNYA TERHADAP KARAKTER POSITIF SISWA KELAS V SD NEGERI DI DESA ANTURAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1513011061-COVER.pdf

Download (686kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1513011061- ABSTRAK.pdf

Download (201kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1513011061-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (269kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1513011061-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (370kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1513011061-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (464kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1513011061-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (777kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1513011061-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (167kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1513011061-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (389kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1513011061-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Collaborative Creativity Learning berorientasi kearifan lokal terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa serta dampaknya terhadap karakter positif siswa. Penelitian ini merupakan penelitian mixed methods. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri di Desa Anturan tahun ajaran 2018/ 2019 yang berjumlah 89 siswa dan sampel berjumlah 54 siswa. Data kuantitatif diperoleh melalui tes kemampuan pemecahan masalah matematika dan data kualitatif diperoleh dengan wawancara, lembar observasi dan angket sikap siswa. Data kuantitatif dianalisis menggunakan uji-t satu ekor pada taraf signifikansi 5%. Data kualitatif disajikan secara deskriptif dalam bentuk uraian singkat, persentase, diagram dan bentuk fisik. Hasil analisis data kuantitatif menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model Collaborative Creativity Learning berorientasi kearifan lokal lebih tinggi daripada siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Hasil analisis data kualitatif siswa di kelas eksperimen menunjukkan peningkatan karakter yang tergolong positif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Collaborative Creativity Learning, Kearifan Lokal, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Karakter Positif Siswa
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HA Statistics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Luh Dian Darmayanti
Date Deposited: 22 Oct 2019 07:21
Last Modified: 22 Oct 2019 07:21
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/365

Actions (login required)

View Item View Item