PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPS BERBASIS KEWIRAUSAHAAN SOSIAL (SOCIAL ENTREPRENEURSHIP) DI SMP NEGERI 6 SINGARAJA

Giofanny, Dea Adela (2020) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPS BERBASIS KEWIRAUSAHAAN SOSIAL (SOCIAL ENTREPRENEURSHIP) DI SMP NEGERI 6 SINGARAJA. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1729091021-COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1729091021- ABSTRAK.pdf

Download (266kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1729091021-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1729091021-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1729091021-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1729091021-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1729091021- BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (588kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1729091021-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1729091021-LAMPIRAN.pdf

Download (8MB)

Abstract

Giofanny, Dea Adela (2020), Pengembangan Bahan Ajar IPS Berbasis Kewirausahaan Sosial (Social Entrepreneurship) Di SMP Negeri 6 Singaraja . Tesis, Pendidikan IPS, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh Pembimbing I : Dr. Drs. I Putu Sriartha, M.S dan Pembimbing II : Dr. Anantawikrama Tungga Atmadja, S.E, M.Si, Ak Kata-kata kunci : Kewirausahaan Sosial, Minat, Handout, R & D. Penelitian bertujuan: (1) Menganalisis kondisi nyata pembelajaran IPS di SMP Negeri 6 Singaraja; (2) Menganalisis langkah-langkah dan proses pengembangan bahan ajar dan kelayakan bahan ajar IPS berbasis Kewirausahaan Sosial (Social Entrepreneurship) di SMP Negeri 6 Singaraja; dan (3) Menganalisis efektivitas produk yang dihasilkan terhadap minat Kewirausahaan Sosial (Social Entrepreneurship) siswa di SMP Negeri 6 Singaraja. Metode Penelitian menggunakan R&D (Educational Research and Develop) terbatas pada tahap define, design, dan develop. Rancangan penelitian Ekperimen Posttest-only control design melihat efektivitas penerapan handout. Sampel penelitian kelas 7.1 dan 7.2 total 60 siswa. Validitas Handout dan instrumen dengan Uji Gregory. Analisis data kualitatif untuk melihat tahap pertama dan tahap kedua (define dan design), dan analisis kuantitatif untuk analisis tahap develop. Hasil Penelitian: (1) Define, kondisi pembelajaran IPS di SMP Negeri 6 Singaraja, Silabus, RPP, jumlah Guru, dan bahan ajar yang digunakan. (2) Design handout dan Instrumen angket penelitian untuk Uji Judges dan Gregory. (3) Develop, validasi 1,00 > 0,70, handout berbasis Kewirausahaan Sosial valid secara isi dengan beberapa revisi. Untuk hasil uji judges instrumen minat belajar IPS, dari hasil validasi diketahui hasilnya 0,72 > 0,70, maka instrumen minat valid secara isi dengan beberapa revisi. Materi Handout siap untuk diberikan pada kelas eksperimen. Efektivitas penerapan handout menggunakan uji t-test dengan nilai sig (2-tailed) 0,000 ( 0,00 < 0,05) maka ada perbedaan antara minat siswa kelas 7.1 dan 7.2. Hasil analisis kuantitatif rata-rata persentase intrumen minat siswa kelas 7.1 adalah 89% > kelas 7.2 73% berarti handout berbasis kewirausahaan sosial efektif dalam meningkatkan minat siswa kelas 7 pada Kompetensi Dasar 3.3 Menganalisis konsep interaksi antara manusia dengan ruang sehingga menghasilkan berbagai kegiatan ekonomi, dengan Materi Pokok “Kewirausahaan”.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kewirausahaan Sosial, Minat, Handout, R & D.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (S2)
Depositing User: Dea Adela Giofanny
Date Deposited: 29 Jul 2020 11:58
Last Modified: 29 Jul 2020 11:58
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3660

Actions (login required)

View Item View Item