PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MEANS- ENDS ANALYSIS MENGGUNAKAN MEDIA SCRAPBOOK TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA KELAS V SD NEGERI GUGUS IV R.A. KARTINI KECAMATAN DENPASAR BARAT TAHUN AJARAN 2019/2020

Putri, Firda Amelia Angelina (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MEANS- ENDS ANALYSIS MENGGUNAKAN MEDIA SCRAPBOOK TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA KELAS V SD NEGERI GUGUS IV R.A. KARTINI KECAMATAN DENPASAR BARAT TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611031077-COVER.pdf

Download (835kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611031077-ABSTRAK.pdf

Download (310kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031077-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (217kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031077-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (364kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031077-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (615kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031077-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (471kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031077-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (207kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031077-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (309kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611031077-LAMPIRAN.pdf

Download (8MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini ialah menganalisis pengaruh yang signifikan model pembelajaran Means - Ends Analysis menggunakan media scrapbook terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V SD. Latar belakang penelitian ini ialah siswa belum mampu untuk menganalisis dan memecahkan permasalahan yang mereka hadapi dalam kehidupan sehari- hari. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian eksperimen semu dengan rancangan non equivalen posttest only control group design. Populasi yang digunakan adalah sebanyak 426 siswa. Sampel penelitian ditentukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Diperoleh dua sampel penelitian sebanyak 37 siswa pada kelas eksperimen dan 36 siswa pada kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes berupa tes objektif dalam bentuk pilihan ganda biasa. Kompetensi pengetahuan IPA merupakan data yang dikumpulkan yang selanjutnya dianalisis dengan rumus t-test pooled variance. Hasil analisis diperoleh thit = 6.41 dan ttable = 2.00 pada α = 5% dengan derajat kebebasan 71. Bersumber pada data tersebut, maka thit > ttable (6.41 > 2.00), sehingga Ho ditolak. Rata- rata kelas eksperimen yakni 80.03, sedangkan kelas control yakni 67.00. Dapat disimpulkan model pembelajaran Means- Ends Analysis menggunakan media scrapbook dapat mempengaruhi kompetensi pengetahuanllIPA kelas V SD Negeri Gugus IV R.A. Kartini Kecamatan Denpasar Barat Tahun Ajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Means- Ends Analysis, scrapbook, kompetensi pengetahuan IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Firda Amelia Angelina Putri
Date Deposited: 30 Jul 2020 05:04
Last Modified: 30 Jul 2020 05:04
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3715

Actions (login required)

View Item View Item