PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA LINGKUNGAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD GUGUS YOS SUDARSO KECAMATAN DENPASAR SELATAN TAHUN AJARAN 2019/2020

Chandenni, Rahayu Made (2020) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA LINGKUNGAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD GUGUS YOS SUDARSO KECAMATAN DENPASAR SELATAN TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text
1611031101-COVER.pdf

Download (562kB)
[img] Text
1611031101-ABSTRAK.pdf

Download (131kB)
[img] Text
1611031101-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (144kB)
[img] Text
1611031101-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (235kB) | Request a copy
[img] Text
1611031101-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (362kB) | Request a copy
[img] Text
1611031101-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (286kB) | Request a copy
[img] Text
1611031101-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (139kB) | Request a copy
[img] Text
1611031101-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (116kB)
[img] Text
1611031101-LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitiann ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Discovery Learning berbantuan media lingkungan terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Gugus Yos Sudarso Kecamatan Denpasar Selatan Tahun Ajaran 2019/2020. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas IV SD Gugus Yos Sudarso yakni sebanyak 8 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 231 siswa. Sampel penelitian ini adalah kelas IV SD Negeri 5 Sanur berjumlah 37 siswa sebagai kelompok yang dibelajarkan dengan model discovery learning dengan berbantuan media lingkungan dan kelas IV SD Negeri 12 Sanur berjumlah 31 orang siswa sebagai kelompok kontrol yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode tes. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa tes objektif pilihan ganda biasa. Hasil dari uji normalitas dengan menggunakan kolmogorov smirnov untuk rata-rata hasil belajar pengetahuan IPA siswa kelompok eksperimen X̅ = 20,81 lebih dari rata-rata hasil belajar pengetahuan IPA siswa kelompok kontrol X̅= 18,03. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis uji-t dengan rumus polled varians. Hasil analisis data diperoleh (thitung= 3,51 > ttabel = 1,99) pada taraf signifikasi 5% (dk = 37 + 31 – 2 = 66) maka, H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar pengetahuan IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model discovery learning berbantuan media lingkungan dengan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV SD Gugus Yos Sudarso Kecamatan Denpasar Selatan Tahun Ajaran 2019/2020. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model discovery learning dengan berbantuan media lingkungan berpengaruh terhadap hasil belajar pengetahuan dalam pembelajaran IPA Kelas IV SD Gugus Yos Sudarso Kecamatan Denpasar Selatan Tahun Ajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Discovery Learning, Hasil Belajar Pengetahuan IPA, Media Lingkungan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Rahayu Made Chandenni
Date Deposited: 30 Jul 2020 04:42
Last Modified: 30 Jul 2020 04:42
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3716

Actions (login required)

View Item View Item