Strategies in Teaching Reading to Visually Impaired Students

Setiawan, I Wayan Agris Jodi (2020) Strategies in Teaching Reading to Visually Impaired Students. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1512021213-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1512021213-ABSTRAK.pdf

Download (205kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1512021213-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (329kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1512021213-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (364kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI DAN PENELITIAN)
1512021213-BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (377kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1512021213-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (894kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1512021213-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (207kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1512021213-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (408kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1512021213-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang digunakan dalam mengajar membaca siswa tuna netra dan untuk mengetahui tantangan dalam mengajar membaca siswa tuna netra di SLB Negeri 1 Tabanan. Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa tuna netra di SLB Negeri 1 Tabanan yang berjumlah 5 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pengambilan video, pencatatan, dan wawancara, kemudian data dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Guru yang mengajar menggunakan 6 strategi dalam mengajar membaca siswa tuna netra di SLB Negeri 1 Tabanan yaitu strategi membaca kertas (kertas braille dengan pena reglet), membaca strategi e-teks (e-teks biasa dengan aplikasi JAWS), dukungan pelacakan dengan aplikasi JAWS, dukungan auditori (dalam bentuk kata-kata dan tingkat kalimat dengan menggunakan aplikasi JAWS), strategi auditori (pembaca langsung dengan cerita berjudul My School dan pembaca langsung dengan kuis pilihan ganda), dan audio digital (file dengan cerita berjudul My School), (2) Terdapat beberapa tantangan dalam mengajar membaca siswa tuna netra di SLB Negeri 1 Tabanan yaitu pertama siswa kurang memiliki kosakata, sehingga mereka tidak bisa menanggapi pelajaran sebaik siswa normal dan guru membutuhkan waktu lama untuk mengajar siswa itu. Kedua, siswa tunanetra tidak dapat belajar atau melakukan sesuatu secara individu, sehingga mereka selalu membutuhkan bantuan dari orang lain karena siswa tunanetra tidak dapat melihat objek dengan jelas. Dan yang terakhir, guru terlihat agak sulit ketika menunjukkan sebuah objek untuk ditunjukkan kepada siswa, karena keterbatasan visual yang dialami siswa. Disarankan lebih banyak strategi, perangkat lunak dan aplikasi yang dapat digunakan untuk mengajar siswa tunanetra, dan akan ada lebih banyak pelatihan atau lokakarya untuk guru sehingga mereka memiliki lebih banyak pengalaman dalam berurusan dengan siswa berkebutuhan khusus. Kata Kunci: Siswa Tuna Netra, Strategi Mengajar Membaca

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Siswa Tuna Netra, Strategi Mengajar Membaca
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: I Wayan Agris Jodi Setiawan
Date Deposited: 30 Jul 2020 03:35
Last Modified: 30 Jul 2020 03:35
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3727

Actions (login required)

View Item View Item