The Effect of Cartoon Film upon Students' Speaking Competency

Adi Martha Wijaya, I Made (2020) The Effect of Cartoon Film upon Students' Speaking Competency. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1512021223-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1512021223-ABSTRAK.pdf

Download (112kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1512021223-BAB1 PENDAHULUAN.pdf

Download (138kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1512021223-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1512021223-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (174kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1512021223-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (214kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1512021223-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (120kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1512021223-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (243kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1512021223-LAMPIRAN.pdf

Download (546kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki apakah penggunaan Film Kartun membuat perbedaan yang signifikan dalam kompetensi berbicara siswa kelas delapan dibandingkan dengan strategi konvensional dalam mengajar siswa di SMPN 2 Seririt. Penelitian ini adalah penelitian eksperimental menggunakan desain kelompok kontrol posttest-only. Penelitian ini melibatkan 35 siswa kelas VIII A sebagai kelompok eksperimen dan 35 siswa kelas VIII C sebagai kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah rencana pelaksanaan pembelajaran, instrumen tes berbicara, dan rubrik. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial dengan bantuan SPSS 24 untuk Windows. Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa skor rata-rata kelompok eksperimen adalah 77,60, sedangkan skor rata-rata kelompok kontrol adalah 72,45. Ini berarti bahwa kelompok eksperimen lebih baik daripada kelompok kontrol dalam hal kemampuan berbicara. Selain itu, nilai t-obs dari Sig. (2-tailed) adalah 0,011. karena nilai Sig. (2-tailed) kurang dari 0,05 (p <0,05), yang berarti ada perbedaan yang signifikan. Dalam berbicara kompetensi antara siswa diajarkan oleh film kartun dan mereka yang diajar secara konvensional. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Film Kartun lebih efektif dalam mengajarkan keterampilan berbicara di kelas delapan SMP Negeri 2 Seririt. Kata Kunci : film kartun, EFL, kompetensi berbicara

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: film kartun, EFL, kompetensi berbicara
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: I Made Adi Martha Wijaya
Date Deposited: 30 Jul 2020 01:55
Last Modified: 30 Jul 2020 01:55
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3740

Actions (login required)

View Item View Item