Maryantini, Ni Wayan Eka (2020) THE EFFECT OF SCAFFOLDING STRATEGY ON LEARNER AUTONOMY AND WRITING COMPETENCY OF THE TENTH GRADE STUDENTS OF SMA N 1 SEMARAPURA IN THE ACADEMIC YEAR 2019/2020. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1729081065-COVER.pdf.pdf Download (304kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1729081065-ABSTRAK.pdf.pdf Download (50kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1729081065-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf.pdf Download (159kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1729081065-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (257kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1729081065-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (424kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1729081065-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (385kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1729081065-BAB 5 PENUTUP.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (116kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1729081065-DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf Download (192kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1729081065-LAMPIRAN.pdf.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak dari strategi scaffolding terhadap kemandirian belajar dan kompetensi menulis. Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 1 Semarapura tahun pelajaran 2019/2020 dengan menggunakan desain Post- Test Only Control Group. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas X yang berjumlah 368 siswa, dimana dua kelas yang berjumlah 66 orang siswa dipilih secara acak dengan cara menggunakan lotre untuk dijadikan sampel dari penelitian ini. (kelompok eksperimen dan kelompok control). Proses pembelajaran pada siswa kelompok eksperimen mendapat perlakuan dengan menggunakan strategy scaffolding, dan kelompok kontrol menggunakan penilaian konvensional. Instrumen pengumpulan data untuk kemandirian belajar menggunakan kuisioner dan untuk kompetensi menulis menggunakan rubric, data analisis menggunakan uji varian multivariate( MANOVA). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) strategy scaffolding memberi dampak lebih baik daripada teknik menulis konvensional terhadap kemandirian belajar, (2) strategy scaffolding memberi dampak lebih baik daripada teknik menulis konvensional terhadap kompetensi menulis, dan (3) secara bersamaan, strategy scaffolding memberi dampak lebih baik daripada teknik menulis konvensional terhadap kemandirian belajar dan kompetensi menulis. Hasil penelitian memberikan kontribusi positif terhadap pengetahuan Bahasa Inggris sebagai bahasa asing, secara khusus tehadap pembelajaran kompetensi menulis. Hal ini dapat disimpulkan bahwa strategy scaffolding memberikan dampak positif terhadap kemandirian belajar dan komptensi menulis baik secara terpisah (masing-masing) maupun secara simultan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemandirian belajar, strategy scaffolding, kompetensi menulis. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S2) |
Depositing User: | Ni Wayan Eka Maryantini |
Date Deposited: | 31 Jul 2020 12:52 |
Last Modified: | 31 Jul 2020 12:52 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3840 |
Actions (login required)
View Item |