Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dalam Setting Pembelajaran Daring Terhadap Prestasi Belajar Matematika Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas X SMA

Darmasantika, Wayan (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dalam Setting Pembelajaran Daring Terhadap Prestasi Belajar Matematika Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas X SMA. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1829071017-COVER.pdf

Download (326kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1829071017-ABSTRAK.pdf

Download (50kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
1829071017-BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (169kB)
[img] Text (BAB II KAJIAN TEORI)
1829071017-BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (358kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODOLOGI PENELITIAN)
1829071017-BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (470kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
1829071017-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (653kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V PENUTUP)
1829071017-BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (183kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1829071017-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (159kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1829071017-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Darma Santika, I Wayan. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dalam Setting Pembelajaran Daring Terhadap Prestasi Belajar Matematika Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas X SMA. Tesis. Singaraja: Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh: Dr. Ni Nyoman Parwati, M.Pd. dan Dr. Dewa Hendra Divayana, S.Kom., M.Kom. Kata kunci: model pembelajaran berbasis masalah, prestasi belajar, kemampuan pemecahan masalah matematika Tujuan penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan perbedaan prestasi belajar matematika dan kemampuan pemecahan masalah secara bersama-sama antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran berbasis masalah dan model pembelajaran langsung, 2) mendeskripsikan perbedaan prestasi belajar matematika antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran berbasis masalah dan model pembelajaran langsung, 3) mendeskripsikan perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran berbasis masalah dan model pembelajaran langsung. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan pre-test-post-test nonequivalent control group design. Populasi penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Bebandem tahun Pelajaran 2019/2020 sebanyak 253 oarang yang terdistribusi dalam 8 kelas. Sampel sebanyak dua kelas terdiri dari 65 orang diambil menggunakan teknik group simple random sampling. Sampel yang terpilih adalah Kelas X IBB 1 sebagai kelompok yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dan Kelas X IBB 2 sebagai kelompok yang menggunakan model pembelajaran langsung. Data prestasi belajar matematika dikumpulkan dengan tes obyektif dan data kemampuan pemecahan masalah matematika dikumpulkan dengan tes uraian, yang dikumpulkan sebelum dan pada akhir perlakuan. Analisis data secara statistik deskriptif dan Uji MANCOVA pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian yang dilaksanakan dalam setting pembelajaran daring menunjukkan: 1) terdapat perbedaan prestasi belajar dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa secara bersama antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran berbasis masalah dan siswa yang belajar dengan model pembelajaran langsung, 2) terdapat perbedaan prestasi belajar matematika antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran berbasis masalah dan model pembelajaran langsung (p<0,05), 3) terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran berbasis masalah dan model pembelajaran langsung (p<0,05).

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran berbasis masalah, prestasi belajar, kemampuan pemecahan masalah matematika
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Teknologi Pembelajaran (S2)
Depositing User: I Wayan Darma Santika
Date Deposited: 04 Aug 2020 03:23
Last Modified: 04 Aug 2020 03:23
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3867

Actions (login required)

View Item View Item