STUDI EVALUASI IMPLEMENTASI SISTEM PENJAMINAN MUTU INTERNAL (SPMI) DALAM RANGKA MEWUJUDKAN BUDAYA MUTU DI SMK NEGERI 3 SINGARAJA

PATER, I MADE (2020) STUDI EVALUASI IMPLEMENTASI SISTEM PENJAMINAN MUTU INTERNAL (SPMI) DALAM RANGKA MEWUJUDKAN BUDAYA MUTU DI SMK NEGERI 3 SINGARAJA. Masters thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text
1829031025-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Abstrak)
1829031025-ABSTRAK.pdf

Download (107kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
1829031025-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (214kB)
[img] Text (Bab 2 Kajian Teori)
1829031025-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (484kB) | Request a copy
[img] Text (Bab 3 Metodelogi Penelitian)
1829031025-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (279kB) | Request a copy
[img] Text (Bab 4 Hasil dan Pembahasan)
1829031025-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (492kB) | Request a copy
[img] Text (Bab 5 Penutup)
1829031025-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (223kB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
1829031025-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (186kB)
[img] Text (Lampiran)
1829031025-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

STUDI EVALUASI IMPLEMENTASI SISTEM PENJAMINAN MUTU INTERNAL (SPMI) DALAM RANGKA MEWUJUDKAN BUDAYA MUTU DI SMK NEGERI 3 SINGARAJA I MADE PATER, NIM. 1829031025 Program Studi Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. ABSTRAK Tesis ini sudah dikoreksi dan diperiksa oleh Pembimbing I: Prof. Dr. Made Yudana, M.Pd. dan Pembimbing II: Prof. Dr. Nyoman Natajaya, M.Pd. Kata kunci: Evaluasi CIPP, Implementasi SPMI. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas implementasi SPMI di SMKN 3 Singaraja ditinjau dari: (1) komponen contex (X1); (2) komponen input; (3) komponen process : (4) komponen product (X4) ; (5) komponen contex (X1), input (X2), process (X3), dan product (X4); (6) kendala yang menjadi penghambat; dan (7) solusi yang dilakukan. Penelitian dilaksanakan di SMKN 3 Singaraja menggunakan metode evaluasi CIPP. Populasi dalam penelitian ini adalah semua civitas akademika SMKN 3 Singaraja yang memahami implementasi SPMI, berjumlah 258 orang. Data dalam penelitian ini diambil dengan stratified random sampling dengan jumlah sampel diambil sebanyak 132 orang, terdiri dari 24 (kepala sekolah, wakasek, TPMPS), 15 orang pegawai dan 93 orang guru. Hasil penelitan di SMKN 3 Singaraja menunjukkan: (1) efektivitas implementasi SPMI ditinjau dari komponen contex (X1) masuk skor T positif (+); (2) efektivitas pelaksanaan implementasi SPMI ditinjau dari komponen input masuk skor T negative (-); (3) efektivitas implementasi SPMI ditinjau dari komponen process masuk skor T positif (+): (4) efektivitas implementasi SPMI di ditinjau dari komponen product (X4) masuk skor T positif (+); (5) efektivitas implementasi SPMI ditinjau dari komponen contex (X1), input (X2), process (X3), dan product (X4) berdasarkan skor T pada kuadran Glickman masuk kategori efektif; (6) Kendala yang menjadi penghambat pelaksanaan implementasi SPMI adalah: (a) belum adanya alokasi dana pasti untuk pelaksanaan PPEPP SPMI yang dikelola mandiri oleh TPMPS dan belum adanya ruang, alat, serta bahan pendukung pelaksanaan PPEPP; (7) Solusi yang dilakukan sehingga implementasi SPMI lebih efektif adalah: (1) mengalokasikan anggaran khusus untuk pelaksanaan PPEPP SPMI dapat dikelola secara mandiri oleh TPMPS dan Menyediakan ruang, alat, dan bahan yang mendukung pelaksanaan PPEPP oleh TPMPS.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: valuasi CIPP, Implementasi SPMI
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Administrasi Pendidikan (S2)
Depositing User: I Made Pater
Date Deposited: 07 Aug 2020 04:40
Last Modified: 07 Aug 2020 04:40
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3892

Actions (login required)

View Item View Item