PENGARUH METODE PEMBELAJARAN HANDS-MINDS ON ACTIVITY TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP GEOMETRI DITINJAU DARI KEMAMPUAN TILIKAN RUANG PADA SISWA KELAS XII AKOMODASI PERHOTELAN SMK PGRI 5 DENPASAR

Yanita, Ni Wayan Arni (2020) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN HANDS-MINDS ON ACTIVITY TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP GEOMETRI DITINJAU DARI KEMAMPUAN TILIKAN RUANG PADA SISWA KELAS XII AKOMODASI PERHOTELAN SMK PGRI 5 DENPASAR. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1529051067-COVER.pdf

Download (496kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1529051067-ABSTRAK.pdf

Download (273kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1529051067-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (306kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1529051067-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (493kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1529051067-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (783kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1529051067-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (418kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1529051067-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (183kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1529051067-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (277kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1529051067-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Hands-Minds on Activity terhadap pemahaman konsep geometri ditinjau dari kemampuan tilikan ruang siswa. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen dengan rancangan penelitian 2x2 yang didukung oleh hasil observasi dan karya siswa. Populasi pada penelitian ini berjumlah 229 siswa dari seluruh siswa kelas XII akomodasi perhotelan SMK PGRI 5 Denpasar dengan melibatkan empat kelas sebagai sample. Pengambilan sampel dengan teknik cluster random sampling. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah adalah data kemampuan tilikan ruang siswa yang diperoleh melalui pemberian tes objektif sebelum pembelajaran dimulai dan data pemahaman konsep geometri yang diperoleh melalui pemberian tes uraian pada akhir pembelajaran. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis varians (ANAVA) dua jalur dengan bantuan SPSS 23.0 for Windows pada taraf signifikansi 5 % . Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) metode pembelajaran hands on minds on activity lebih baik dibandingkan pembelajaran konvensional untuk meningkatkan pemahaman konsep geometri siswa, (2) ada interaksi antara metode pembelajaran hands on minds on activity dengan kemampuan tilikan ruang terhadap pemahaman konsep geometri, (3) siswa yang mengikuti metode pembelajaran hands on minds on activity memiliki pemahaman konsep geometri yang lebih baik daripada siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional bagi siswa yang mempunyai kemampuan tilikan ruang tinggi, serta (4) siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional memiliki pemahaman konsep geometri lebih baik daripada siswa yang mengikuti metode pembelajaran hands on minds on activity bagi siswa yang mempunyai kemampuan tilikan ruang rendah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S2)
Depositing User: NI WAYAN ARNI YANITA
Date Deposited: 07 Aug 2020 16:08
Last Modified: 07 Aug 2020 16:08
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3921

Actions (login required)

View Item View Item