THE REPRESENTATION OF CHARACTER EDUCATION IN THE CHARACTERIZATIONS OF LUCY PEVENSIE IN C.S. LEWIS’ THE LION, THE WITCH, AND THE WARDROBE (1950)

Visestayati, Ni Putu Andilia (2020) THE REPRESENTATION OF CHARACTER EDUCATION IN THE CHARACTERIZATIONS OF LUCY PEVENSIE IN C.S. LEWIS’ THE LION, THE WITCH, AND THE WARDROBE (1950). Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1612021055-COVER.pdf

Download (471kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1612021055-ABSTRAK.pdf

Download (180kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1612021055-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (189kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1612021055-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (511kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
1612021055-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (487kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1612021055-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1612021055-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (384kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1612021055-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (495kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1612021055-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Novel adalah salah satu alat bacaan yang bisa digunakan sebagai media dalam proses belajar dan mengajar baik itu di sekolah maupun dirumah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakterisasi-karakterisasi dari Lucy Pevensie di dalam novel The Lion, The Witch, and The Wardrobe (1950) oleh C.S. Lewis dan menemukan nilai karakter yang terdapat di dalam karakterisasi-karakterisasi Lucy Pevensie yang termasuk ke dalam 5 nilai dasar Pendidikan karakter (Kementrian Pendidikan dan Budaya, 2017). Penelitian ini adalah analisis data kualitatif oleh Miles, Huberman, and Saldana (2014). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Lucy di identifikasi memiliki 32 karakter, yaitu confident, curious, creative, caring, sincere, sensitive, peace-loving, friendly, tolerant, forgiving, honest, dishonest, respectful, polite, discipline, solidaric, helpful, dependable, responsible, loyal selfless, selfish, courageous, fearful, hardworking, adventurous, optimistic, democratic, in-consistent, resentful, stubborn, and arrogant. Dari 32 karakter ini kemudian dimasukkan ke dalam lima nilai dasar Pendidikan karakter yang diajukan oleh Kementrian Pendidikan dan Budaya (2017). Terdapat dua belas nilai karakter yang berkembang sangat baik dari awal hingga akhir plot; sembilan nilai karakter yang muncul di awal hingga tengah plot; dan satu nilai karakter yang berkembang di awal dan akhir plot. Oleh karena itu, siswa, guru, orang tua, peneliti lainnya, dan masyarakat harus lebih memperhatikan nilai yang terkandung dalam novel tersebut. Dengan menggunakan novel sebagai media mengajar atau belajar nilai karakter, itu akan membuat anak-anak lebih mudah dalam mempelajari nilai karakter di sekolah, rumah, maupun lingkungan masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan karakter, lima nilai dasar, novel anak
Subjects: P Language and Literature > PS American literature
P Language and Literature > PZ Childrens literature
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Ni Putu Andilia Visestayati
Date Deposited: 19 Oct 2020 11:25
Last Modified: 19 Oct 2020 11:25
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4038

Actions (login required)

View Item View Item