THE REPRESENTATION OF CHARACTER EDUCATION VALUES IN THE CHARACTERIZATIONS OF CHARLOTTE IN E.B WHITE'S CHARLOTTE'S WEB (1952)

Adnyani, Made Dewi Yudhi (2020) THE REPRESENTATION OF CHARACTER EDUCATION VALUES IN THE CHARACTERIZATIONS OF CHARLOTTE IN E.B WHITE'S CHARLOTTE'S WEB (1952). Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1612021229-COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1612021229-ABSTRAK.pdf

Download (451kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1612021229-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (443kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1612021229-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (602kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI)
1612021229-BAB 3 METODELOGI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (456kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1612021229-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1612021229-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (386kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1612021229-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (270kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1612021229-LAMPIRAN.pdf

Download (507kB)

Abstract

Masalah penurunan karakter adalah satu hal yang cukup penting untuk disoroti. Dalam hubungannya dengan pendidikan karakter, karya sastra khususnya sastra anak-anak dapat digunakan sebagai media untuk menanamkan moral karakter pada anak sejak usia dini. Banyak peneliti menemukan bahwa sastra anak-anak sangat bermanfaat untuk mengajarkan pendidikan karakter karena nilai-nilai moral yang terkandung di dalamnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi representasi pendidikan karakter yang diusulkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam karakterisasi Charlotte dalam novel Charlotte's Web (1952) karya E.B White. Model interaktif analisis data kualitatif oleh Miles, Huberman, & Saldana (2014) digunakan dalam proses analisis dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, dari 24 karakterisasi, Charlotte teridentifikasi memiliki 22 nilai yang merupakan turunan dari lima nilai utama pendidikan karakter. Nilai-nilai ini adalah kepedulian, toleran, ramah, tulus, sabar, bijaksana, peduli lingkungan, disiplin, heroik, tidak mementingkan diri sendiri, optimis, pekerja keras, banyak akal, peka, pintar, kooperatif, empati, penolong, jujur, setia, rajin, dan bertanggung jawab. Nilai-nilai ini berkembang dengan pola yang berbeda sepanjang cerita. Namun, dalam novel Charlotte's Web (1952), nilai-nilai agama yang terkait dengan agama dan ketuhanan, serta nilai-nilai nasionalis jarang dan bahkan hampir tidak muncul dalam cerita. Oleh karena itu, para guru dan orang tua masih perlu menekankan dan mencontohkan nilai-nilai agama dan nasionalis, seperti menghargai perbedaan dalam agama dan kepercayaan, anti-diskriminasi dan kekerasan, patriotisme, dan sikap demokratis, sehingga siswa dapat memperoleh pemahaman dan penerapan yang lebih baik mengenai nilai-nilai ini dalam kehidupan sehari-hari mereka.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: karakterisasi, pendidikan karakter, sastra anak
Subjects: P Language and Literature > PS American literature
P Language and Literature > PZ Childrens literature
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Made Dewi Yudhi Adnyani
Date Deposited: 19 Oct 2020 11:20
Last Modified: 19 Oct 2020 11:20
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4066

Actions (login required)

View Item View Item