Arianti, Ni Luh Putu Dina (2020) THE REPRESENTATION OF CHARACTER EDUCATION IN THE CHARACTERIZATIONS OF MATILDA WORMWOOD IN ROALD DAHL'S MATILDA (1988). Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1612021247-COVER.pdf Download (799kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1612021247-ABSTRAK.pdf Download (679kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1612021247-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (194kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1612021247-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (489kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1612021247-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (250kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1612021247-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1612021247-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (153kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1612021247-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (314kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1612021247-LAMPIRAN.pdf Download (519kB) |
Abstract
Minimnya nilai-nilai pendidikan karakter yang harus ditanamkan sejak dini mempengaruhi adanya degradasi karakter saat ini. Memanfaatkan karya sastra seperti novel anak-anak dapat digunakan sebagai media untuk menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter sejak dini mengingat terdapatnya nilai- nilai moral yang terkandung didalamnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi representasi lima nilai inti pendidikan karakter yang dikemukakan oleh Kemendikbud (2017) yang digambarkan dalam penokohan Matilda Wormwood dalam novel Matilda karya Roald Dahl (1988). Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif dengan menggunakan model analisis interaktif data kualitatif oleh Miles, Huberman & Saldana (2014). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Matilda Wormwood dapat diidentifikasi memiliki 25 nilai berdasarkan lima nilai inti pendidikan karakter dari Kemendikbud (2017). Nilai-nilai tersebut adalah ramah, percaya diri, peduli, tulus, bijaksana, sabar, toleran, rendah hati, disiplin, optimis, patriotik, tidak mementingkan diri sendiri, cerdas, pekerja keras, berani, mandiri, banyak akal, kreatif, hormat, suka menolong, empati, rajin, setia, jujur dan bertanggung jawab. Nilai-nilai ini memiliki perkembangan yang berbeda di sepanjang cerita. Namun, nilai-nilai agama yang terkait dengan ketuhanan, nilai-nilai nasionalis seperti anti diskriminasi dan kekerasan, sikap demokratis, dan nilai-nilai kerjasama yang terkait dengan kerja sama dalam tim jarang bahkan tidak berkembang dalam novel Matilda karya Roald Dahl (1988). Oleh karena itu, orang tua, guru, dan masyarakat memiliki peran yang sangat penting untuk mengedepankan nilai-nilai tersebut dengan memberikan keteladanan kepada anak, sehingga mereka dapat melihat dan memahami secara jelas nilai-nilai yang dikemukakan oleh Kemendikbud (2017) untuk diterapkan dalam kehidupan nyata.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pendidikan karakter, lima nilai dasar, novel anak |
Subjects: | P Language and Literature > PR English literature P Language and Literature > PZ Childrens literature |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | Ni Luh Putu Dina Arianti |
Date Deposited: | 18 Oct 2020 21:50 |
Last Modified: | 18 Oct 2020 21:50 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4096 |
Actions (login required)
View Item |