Implementasi Strategi Pembelajaran Flipped Classroom Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Dalam Pembelajaran Biologi Di SMA

Meliana, Rus (2020) Implementasi Strategi Pembelajaran Flipped Classroom Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Dalam Pembelajaran Biologi Di SMA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1613041055-COVER.pdf.pdf

Download (362kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1613041013-ABSTRAK.pdf

Download (222kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
1613041013-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (311kB)
[img] Text (BAB II KAJIAN TEORI)
1613041013-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (266kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
1613041013-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (536kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613041013-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (563kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V PENUTUP)
1613041013-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (106kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613041013-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (251kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1613041013-LAMPIRAN.pdf

Download (981kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mendeskripsikan perbedaan hasil belajar kognitif dan kemandirian belajar siswa yang belajar menggunakan strategi model flipped classroom dengan Direct Instruction (DI).Desain yang digunakan yaitu desain non equivalent pretest-posttest control group design dan melibatkan dua variabel yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu strategi pembelajaran flipped classroom dan model pembelajaran Direct Instruction (DI), sedangkan variabel terikatnya yaitu hasil belajar kognitif dan kemandirian belajar siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas dengan jumlah siswa 43 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive sampling.Sampel pada penelitian ini berjumlah 43 siswa yang terdiri dari 22 siswa untuk kelas eksperimen dan 21 siswa untuk kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar yang terdiri dari 30 item soal dan kuisioner kemandirian belajar siswa 55 itemsofRating Scale. Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata skor hasil belajar siswa kelas eksperimen adalah 32,43 dan skor rata-rata hasil belajar siswa kelas kontrol adalah 31,86. Hasil uji hipotesis menggunakan uji mankova dengan jenis uji yaitu pillai’s trace menunjukkan sig. yaitu 0,000 ˂ 0,05. Dari hasil analisis tersebut berarti H0 ditolak sehingga H1 diterima sehingga “terdapat perbedaan hasil belajar kognitif siswa yang belajar antara siswa yang belajar dengan menggunakan strategi flipped classroom dan model pembelajaran Direct Instruction (DI).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Flipped classroom, direct instruction, hasil belajar kognitif, kemandirian belajar
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Biologi dan Perikanan Kelautan > Program Studi Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Rus Meliana
Date Deposited: 26 Oct 2020 03:57
Last Modified: 26 Oct 2020 03:57
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4154

Actions (login required)

View Item View Item