PENGEMBANGAN INSTRUMEN SELF ENDURANCE PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP)

Dewi, Ni Made Sulistrisiana (2020) PENGEMBANGAN INSTRUMEN SELF ENDURANCE PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP). Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1829111009-COVER.pdf

Download (386kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1829111009-ABSTRAK.pdf

Download (72kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1829111009-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (175kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1829111009-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (164kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1829111009-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (345kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1829111009-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (196kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1829111009-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1829111009-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (180kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1829111009-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian pengembangan ini yaitu untuk mengetahui nilai validitas instrumen serta untuk mengetahui nilai reliabilitas dari instrumen kuesioner self endurance. Penelitian ini termasuk penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model four-D (4D) yang merupakan metode penelitian untuk menghasilkan atau pengembangan suatu produk tertentu. Model penelitian 4D terdiri dari empat langkah kegiatan yaitu 1) define (pengumpulan rujukan atau refrensi yang digunakan untuk penyusunan produk penelitian), 2) design (penyusunan produk instrumen kuesioner self endurance), 3) develop (pengembangan produk melalui penilaian uji pakar atau ahli), dan 4) dessiminate (yaitu penyebaran produk penelitian). Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini untuk mengetahui validitas dengan uji Lawshe CVR dan CVI serta uji reliabilitas instrumen kuesioner self endurance dengan koefisien Alpha Cronbach. Menguji kevalidan insrumen dilakukan oleh 5 orang pakar yang terdiri dari 3 dosen Program Pascasarjana Bimbingan Konseling Undiksha dan 2 orang guru BK. Hasil perhitungan CVR instrumen self endurance dengan 40 butir pernyataan memperoleh hasil lebih dari 0 (>0), yang berarti 40 butir instrumen dinyatakan valid. Selanjutnya, dilakukan analisis data CVI dengan hasil 0,98 atau CVI lebih dari 0, maka instrumen kuesioner dinyatakan valid. Setelah dihitung nilai reliabilitas (r11) instrumen self endurance adalah 0,918 dengan kategori reliabilitas sangat tinggi.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Instrumen, Self Endurance, Research and Develomepment
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Bimbingan Konseling (S2)
Depositing User: Ni Made Sulistrisiana Dewi
Date Deposited: 20 Oct 2020 12:44
Last Modified: 20 Oct 2020 12:44
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4160

Actions (login required)

View Item View Item