Noviyanti, Ni Komang Viki Mega (2020) Mengukur Tingkat Usability Pada Sistem Silidia Undiksha Menggunakan Metode Heuristic Evaluation Dan System Usability Scale (SUS). Diploma thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1705021018-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1705021018-ABSTRAK.pdf Download (461kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1705021018-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (474kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1705021018-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (880kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
1705021018-BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (502kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1705021018-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1705021018-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (467kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1705021018-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (574kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1705021018-LAMPIRAN.pdf Download (7MB) |
Abstract
Sistem Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (Silidia) merupakan salah satu sistem yang ada di Universitas Pendidikan Ganesha, dimana sistem ini dibuat bertujuan untuk membantu para dosen melakukan pengajuan suatu penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Sistem ini masih baru dan perlu dilakukannya evaluasi usabitasnya, agar nantinya sistem ini sesuai dengan keinginan dan kebutuhan penggunanya. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Heuristic Evaluation dan System Usability Scale (SUS). Metode heuristic evaluation melibatkan expert IT dalam proses evaluasinya, sedangkan System Usability Scale (SUS) menggunakan kuesioner dengan melibatkan pengguna (dosen Undiksha). Hasil yang didapat dari metode heuristic evaluation adalah sebanyak 11 rekomendasi perbaikan yang diberikan oleh 3 evaluator dan untuk metode System Usability Scale (SUS) memperoleh nilai 67,016 dimana berarti memiliki nilai “OK” untuk adjective ratings, memiliki skala “D” untuk grade scale, dan memiliki nilai ”MARGINAL” untuk acceptability ranges yang dapat diartikan bahwa sistem Silidia Undiksha ini mendapat penliaian rendah dan masih belum dapat memenuhi kepuasan penggunanya. Dasar perbaikan sistem Silidia Undiksha menggunakan rekomendasi expert dan juga dipadukan dengan panduan pembuatan desain sistem berdasarkan Guidelines Health and Human Service (HHS).
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Usability, Sistem Silidia Undiksha, Heuristic Evaluation, System Usability Scale (SUS), Guidelines Health and Human Service (HHS). |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Manajemen Informatika (D3) |
Depositing User: | Ni Komang Viki Mega Noviyanti |
Date Deposited: | 21 Oct 2020 04:14 |
Last Modified: | 21 Oct 2020 04:14 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4175 |
Actions (login required)
View Item |