PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN DARING BERBANTUAN KUIS DI KELAS XI IPS 2 SMA NEGERI 1 KERAMBITAN

Dewi, Ni Luh Putu Eda Chandra (2020) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN DARING BERBANTUAN KUIS DI KELAS XI IPS 2 SMA NEGERI 1 KERAMBITAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1613011081-COVER.pdf

Download (796kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1613011081-ABSTRAK.pdf

Download (331kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613011081-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (601kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1613011081-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (778kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1613011081-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (553kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613011081-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1613011081-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (346kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613011081-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (459kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1613011081-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Kerambitan melalui penerapan pembelajaran daring berbantuan kuis, dan untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap penerapan pembelajaran daring berbantuan kuis. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kelas (classroom action research) yang dilaksanakan dalam 3 siklus, yang setiap siklusnya terdiri dari 4 kali pertemuan, 3 kali pertemuan untuk pelaksanaan pembelajaran dan 1 kali pertemuan untuk melaksanakan tes prestasi belajar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS2 SMA Negeri 1 Kerambitan tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 28 orang. Objek penelitian ini adalah prestasi belajar matematika siswa dan tanggapan terhadap penerapan pembelajaran daring berbantuan kuis. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes uraian untuk mengukur prestasi belajar siswa dan angket tanggapan siswa terhadap penerapan pembelajaran daring berbantuan kuis. Hasil penelitian menunjukan bahwa persentase banyaknya siswa dengan prestasi belajar yang berada pada kategori tuntas meningkat dari siklus ke siklus, walaupun dalam pelaksanaan pembelajaran terdapat kendala-kendala sehingga mengakibatkan ketuntasan belajar pada siklus I dan siklus II masih tergolong rendah atau belum memenuhi indikator keberhasilan yang telah di tetapkan, ketuntasan belajar siswa pada siklus I, siklus II dan siklus III berturut-turut yaitu 14,29%, 46,4%,dan 78,571%, dengan skor rata-rata pada siklus I, siklus II, dan siklus III berturut-turut 39,07, 56,84 dan 72,1. Selain itu, rata – rata skor hasil tanggapan siswa terhadap penerapan pembelajaran daring berbantuan kuis tergolong positif yakni 57,18 dari skor maksimum ideal sebesar 75. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran daring berbantuan kuis dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas XI IPS2 di SMA Negeri 1 Kerambitan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Daring, Kuis, Prestasi Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: NI LUH PUTU EDA CHANDRA DEWI
Date Deposited: 21 Oct 2020 01:32
Last Modified: 21 Oct 2020 01:32
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4183

Actions (login required)

View Item View Item