Piki Pia Arini, Ni Putu (2020) PENGEMBANGAN INSTRUMEN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V SD. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1829041026-COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1829041026-ABSTRAK.pdf Download (314kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1829041026-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (442kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1829041026-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (401kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1829041026-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (647kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1829041026-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (603kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1829041026-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (323kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1829041026-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (325kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1829041026-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Arini, Ni Putu Piki Pia (2020), Pengembangan Instrumen Kemandirian Belajar dan Hasil Belajar Matematika Kelas V SD. Tesis. Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh pembimbing I Prof. Dr. A.A.I.N. Marhaeni, M.A. dan pembimbing II: Prof. Dr. Wayan Lasmawan, M.Pd. Kata-kata Kunci: Pengembangan Instrumen, Kemandirian Belajar, Hasil Belajar Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrument kemandirian belajar dan hasil belajar matematika pada siswa kelas V sekolah dasar. Pengembangan instrument ini dilakukan melalui tahapan 4D yaitu define (pendefinisian), (design (perancangan), develop (pengembangan), dan (disseminate (penyebaran).. Subjek pada penelitian ini adalah 2 orang ahli, 3 orang praktisi dari Sekolah Dasar. Pada tahap Define, dilakukan analisis kebutuhan, melakukan analisis teoritik dengan menentukan grand teori dari masing – masing variabel untuk menentukan tema, KD, dan indikator sesuai instrumen yang akan dibuat serta menyusun kisi-kisi melalui analisis tema, KD, dan indikator yang sudah dilakukan sebelumnya pada tahap design, dilakukan pemilihan pola instrumen, dan pada tahap develop, dilakukan pengujian instrumen oleh judges yaitu dua orang dosen ahli dan tiga orang praktisi yaitu guru kelas V. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner untuk kemandirian belajar dan tes untuk hasil belajar siswa. Metode analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, analisis uji validitas untuk instrumen kemandirian belajar dan hasil belajar Matematika menggunakan CVR. Hasil perhitungan CVR didapatkan 19 butir instrumen yang valid dan 1 instrumen yang tidak valid, dengan reliabilitas instrument r11 = 0,76 (terkategori tinggi). Sedangkan instrumen, berdasarkan perhitungan CVR didapatkan 14 pernyataan yang valid dan 1 pernyataan yang tidak valid. Reliabilitas instrumen sebesar r11 = 0,73 (terkategori tinggi).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Instrument Development, Learning Independence, Learning Outcomes. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Ni Putu Piki Pia Arini |
Date Deposited: | 23 Oct 2020 06:41 |
Last Modified: | 23 Oct 2020 06:41 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4203 |
Actions (login required)
View Item |