Niartiningsih, Ni Putu (2020) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA MUATAN IPA TOPIK PERPINDAHAN KALOR KELAS V SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031129-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031129-ABSTRAK.pdf Download (112kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031129-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (246kB) |
|
Text (KAJIAN TEORI)
1611031129-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (296kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
1611031129-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (415kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031129-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (871kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031129-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (115kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031129-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (326kB) |
|
Text
1611031129-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas perangkat pembelajaran kooperatif pada mata pelajaran IPA topik perpindahan kalor kelas V SD Gugus V Kecamatan Sukasada. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap peningkatan hasil belajar IPA di kelas V SD Gugus V Kecamatan Sukasada. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari tahap analisis (analyze), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (development), tahap implementasi (implementation), dan tahap evaluasi (evaluation). Mengingat keterbatasan waktu karena menerapkan sistem lockdown, penelitian ini hanya dilaksanakan sampai dengan tahap pengembangan (development) saja. Hasil analisis pengembangan perangkat pembelajaran kooperatif tipe NHT menunjukkan bahwa validitas isi instrumen sebesar 1,00 dengan interprestasi sangat tinggi, reliabilitas instrumen dikatakan baik dengan koefisien kepraktisan 100%, dan validasi perangkat pembelajaran dengan rata-rata 4,60 dengan interprestasi sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT di Kelas V SD Gugus V Kecamatan Sukasada diperoleh validitas isi instrumen dinyatakan valid dan reliabel. Saran untuk penelitian selanjutnya dapat mengembangkan perangkat pembelajaran kooperatif tipe NHT ini dengan melakukan uji coba secara empiris.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | IPA, perangkat pembelajaran, hasil belajar. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | NI PUTU NIARTININGSIH |
Date Deposited: | 22 Oct 2020 05:56 |
Last Modified: | 22 Oct 2020 05:56 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4229 |
Actions (login required)
View Item |