Purniwantini, Ni Ketut (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV GUGUS XIII KECAMATAN BULELENG. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1829041001-COVER.pdf.pdf Download (899kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1829041001-ABSTRAK.pdf.pdf Download (259kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1829041001-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf.pdf Download (226kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1829041001-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (328kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1829041001-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (671kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1829041001-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (571kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
182904101-BAB 5 PENUTUP.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (116kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1829041001-DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf Download (178kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf.pdf Download (4MB) |
Abstract
Purniwantini, Ni Ketut (2020), Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Berbasis Pendekatan Saintifik Terhadap Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Gugus XIII Kecamatan Buleleng . Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh Pembimbing I : Prof. Dr. Ida Bagus Putu Arnyana, M.Si dan Pembimbing II : Prof. Dr. I Wayan Suastra, M.Pd. Kata kunci: aktivitas, hasil belajar IPA, Quantum berbasis saintifik Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Quantum berbasis pendekatan saintifik terhadap aktivitas belajar dan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SD Gugus XIII Kecamatan Buleleng. Rancangan eksperimen yang digunakan adalah rancangan non-equivalent posttest only control group design. Populasi dalam penelitian ini 186 siswa kelas IV SD di Gugus XIII Kecamatan Buleleng. Dari 186 populasi siswa, 64 siswa ditetapkan sebagai sampel. Data aktivitas, dikumpulkan dengan lembar observasi, sedangkan data hasil belajar IPA siswa dikumpulkan dengan tes objektif. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat perbedaan aktivitas belajar siswa antara siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Quantum berbasis saintifik dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran saintifik . 2) Terdapat perbedaan hasil belajar IPA siswa antara siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Quantum berbasis saintifik dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran saintifik 3) Terdapat perbedaan secara simultan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa antara siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Quantum berbasis saintifik dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran saintifik. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Quantum berbasis saintifik terhadap aktivitas dan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV di Gugus XIII Kecamatan Buleleng.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci, aktivitas, hasil belajar IPA, Quantum berbasis saintifik |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Ni Ketut Purniwantini |
Date Deposited: | 21 Oct 2020 08:42 |
Last Modified: | 21 Oct 2020 08:42 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4255 |
Actions (login required)
View Item |