PENGEMBANGAN INSTRUMEN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN LITERASI SAINS SISWA KELAS V SD

HANDAYANI, NI PUTU SRI (2020) PENGEMBANGAN INSTRUMEN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN LITERASI SAINS SISWA KELAS V SD. Masters thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
1829041030-COVER.pdf

Download (433kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1829041030-ABSTRAK.pdf

Download (314kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1829041030-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (348kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1829041030-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (489kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1829041030-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (414kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1829041030-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (399kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1829041030-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (321kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1829041030-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (449kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1829041030-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) validitas isi instrumen kemampuan berpikir kritis pada siswa kelas V SD, (2) validitas isi instrumen literasi sains pada siswa kelas V SD, (3) reliabilitas menurut expert instrumen kemampuan berpikir kritis pada siswa kelas V SD, (4) reliabilitas menurut expert instrumen literasi sains pada siswa kelas V SD. Penelitian ini adalah jenis penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D (FourD Model). Pengembangannya terdiri dari empat tahap yaitu define, design, develop dan disseminate. Pada saat penelitian ini dilakukan terjadi pandemi virus covid-19 sehingga untuk menjaga keselamatan, tahap disseminate tidak dapat dilaksanakan dan hanya pada tahap develop. Validitas isi instrumen dibuktikan dengan expert oleh ahli dan praktisi dan dianalisis menggunakan CVR dan CVI. Reliabilitas instrumen dianalisis menggunakan alpha Cronbach untuk instrumen kemampuan berpikir kritis dan KR-20 untuk instrumen literasi sains. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) hasil validitas isi instrumen kemampuan berpikir kritismenunjukan perhitungan CVR didapatkan 10 butir instrumen yang valid dan CVI sebesar 0.88, (2) ) hasil validitas isi instrumen literasi sains menunjukan perhitungan CVR didapatkan 30 butir instrumen yang valid dan CVI sebesar 0.94, (3) hasil reliabilitas instrumen kemampuan berpikir kritis memiliki nilai sebesar 0,74 yang berada pada rentang 0,60 <r11 ≤ 0,80 atau berada pada kategori derajat reliabilitas tinggi (baik), (4) hasil reliabilitas instrumen literasi sains memiliki nilai sebesar 0,77 yang berada pada rentang 0,60 <r11 ≤ 0,80 atau berada pada kategori derajat reliabilitas tinggi (baik).

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: kemampuan berpikir kritis, literasi sains
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Ni Putu Sri Handayani
Date Deposited: 22 Oct 2020 07:08
Last Modified: 22 Oct 2020 07:08
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4353

Actions (login required)

View Item View Item