HANDAYANI, NI PUTU SRI (2020) PENGEMBANGAN INSTRUMEN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN LITERASI SAINS SISWA KELAS V SD. Masters thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
Text (COVER)
1829041030-COVER.pdf Download (433kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1829041030-ABSTRAK.pdf Download (314kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1829041030-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (348kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1829041030-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (489kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1829041030-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (414kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1829041030-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (399kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1829041030-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (321kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1829041030-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (449kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1829041030-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) validitas isi instrumen kemampuan berpikir kritis pada siswa kelas V SD, (2) validitas isi instrumen literasi sains pada siswa kelas V SD, (3) reliabilitas menurut expert instrumen kemampuan berpikir kritis pada siswa kelas V SD, (4) reliabilitas menurut expert instrumen literasi sains pada siswa kelas V SD. Penelitian ini adalah jenis penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D (FourD Model). Pengembangannya terdiri dari empat tahap yaitu define, design, develop dan disseminate. Pada saat penelitian ini dilakukan terjadi pandemi virus covid-19 sehingga untuk menjaga keselamatan, tahap disseminate tidak dapat dilaksanakan dan hanya pada tahap develop. Validitas isi instrumen dibuktikan dengan expert oleh ahli dan praktisi dan dianalisis menggunakan CVR dan CVI. Reliabilitas instrumen dianalisis menggunakan alpha Cronbach untuk instrumen kemampuan berpikir kritis dan KR-20 untuk instrumen literasi sains. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) hasil validitas isi instrumen kemampuan berpikir kritismenunjukan perhitungan CVR didapatkan 10 butir instrumen yang valid dan CVI sebesar 0.88, (2) ) hasil validitas isi instrumen literasi sains menunjukan perhitungan CVR didapatkan 30 butir instrumen yang valid dan CVI sebesar 0.94, (3) hasil reliabilitas instrumen kemampuan berpikir kritis memiliki nilai sebesar 0,74 yang berada pada rentang 0,60 <r11 ≤ 0,80 atau berada pada kategori derajat reliabilitas tinggi (baik), (4) hasil reliabilitas instrumen literasi sains memiliki nilai sebesar 0,77 yang berada pada rentang 0,60 <r11 ≤ 0,80 atau berada pada kategori derajat reliabilitas tinggi (baik).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemampuan berpikir kritis, literasi sains |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Ni Putu Sri Handayani |
Date Deposited: | 22 Oct 2020 07:08 |
Last Modified: | 22 Oct 2020 07:08 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4353 |
Actions (login required)
View Item |