EFEKTIVITAS MODEL LEARNING CYCLE 5E TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA SD

Pratiwi, I Dewa Ayu Intan (2020) EFEKTIVITAS MODEL LEARNING CYCLE 5E TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611031377-COVER.pdf

Download (856kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611031377-ABSTRAK.pdf

Download (103kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031377-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (137kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031377-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (195kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031377-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (217kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031377-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (361kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031377-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031377-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (128kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611031377-LAMPIRAN.pdf

Download (110kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas Model Learning Cycle “5E” terhadap hasil belajar IPA siswa Sekolah Dasar. Pencatatan dokumen dipilih sebagai metode penelitian ini yang memiliki kaitan dengan model Learning Cycle “5E” terhadap hasil belajar IPA di sekolah dasar yang dianalisis menggunakan pendekatan dengan deskriptif kuantitatif menggunakan meta analisis dengan langkah-langkah dapat dilakukan diantaranya; (1) tentukan & pelajari topik penelitian yang akan dirangkum, (2) cari dan kumpulkan sejumlah topik yang telah ditentukan kemudian diseleksi, (3) lakukan perhitungan dengan effect size, dan (4) menarik kesimpulan dan menginterprestasikan hasil penelitian meta analisis. Diperoleh 8 artikel yang diperoleh melalui pencarian google scholar atau google cendikia, hasil perhitungan effect size berada antara tinggi sampai sangat tinggi. Hasil rata-rata effect size dari ke delapan artikel didapatkan 1,40 yang terletak pada kategori tinggi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan model Learning Cycle “5E” efektif digunakan untuk pembelajaran IPA siswa sekolah dasar. Untuk penelitian selanjutnya agar lebih detail dalam mecantumkan kelengkapan data penelitian pada metode, data sampel maupun data hasil penelitian.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: efektivitas. Cycle 5E. hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: I Dewa Ayu Intan Pratiwi
Date Deposited: 22 Oct 2020 06:13
Last Modified: 22 Oct 2020 06:13
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4365

Actions (login required)

View Item View Item