PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS MULTIMODAL MELALUI ANALISIS MUATAN PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN IPA PADA TEMA PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN KELAS V SEKOLAH DASAR

Adi Pradnya Jayananda, Dewa Putu (2020) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS MULTIMODAL MELALUI ANALISIS MUATAN PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN IPA PADA TEMA PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN KELAS V SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1829041031-COVER.pdf

Download (733kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1829041031-ABSTRAK.pdf

Download (138kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1829041031-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (222kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1829041031-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (834kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1829041031-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (376kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1829041031-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (970kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1829041031-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (334kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1829041031-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (328kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1829041031-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Jayananda, Dewa Putu Adi Pradnya. 2020. “Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Multimodal Melalui Analisis Muatan Pengetahuan dan Keterampilan IPA pada Tema Peristiwa dalam Kehidupan Kelas V Sekolah Dasar”. Tesis. Pendidikan Dasar. Program Pascasarjana. Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini sudah diperiksa dan disetujui oleh pembimbing I: Prof. Dr. Ida Bagus Putu Arnyana, M. Si, dan pembimbing II: Prof. Dr. I Wayan Lasmawan, M.Pd. Kata kunci: lembar kerja siswa berbasis multimodal, multimodal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) validitas isi Lembar Kerja Siswa berbasis multimodal; 2) reliabilitas Lembar Kerja Siswa berbasis multimodal melalui analisis muatan pengetahuan dan keterampilan IPA pada tema Peristiwa dalam Kehidupan. Dimensi multimodal dalam penelitian ini meliputi desain lingustik, visual, audio, dan tata letak. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan desain dan produk (Design and Development) dengan merujuk pada model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementatian, Evaluation). Data yang dikumpulkan berupa data validitas dan reliabilitas lembar kerja siswa multimodal. Data berkaitan dengan validitas dianalisis menggunakan CVR sedangkan reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Validitas diukur menggunakan uji ahli sebanyak 5 orang yang terdiri dari 2 orang dosen ahli dan 3 orang guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Untuk validitas isi, berdasarkan uji ahli terdapat 18 pernyataan pada kuesioner yang dinyatakan valid dengan interval 0,60-1,00, dan 1 pernyataan dinyatakan tidak valid dari 19 item pernyataan. 2) Berdasarkan uji reliabilitas instrumen LKS multimodal memeroleh nilai 0,89. Data ini menunjukkan rentang reliabilitas berada pada rentang atau berada pada kategori sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut, disimpulkan bahwa penelitian ini menghasilkan lembar kerja siswa berbasis multimodal yang memenuhi kategori valid dan reliabel.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: lembar kerja siswa berbasis multimodal, multimodal.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Dewa Putu Adi Pradnya Jayananda
Date Deposited: 22 Oct 2020 12:22
Last Modified: 22 Oct 2020 12:22
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4378

Actions (login required)

View Item View Item