Pengembangan Media Gambar Cerita Berseri Untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional Anak Kelompok B Di TK Kumara Dharma Kerti Tahun Ajaran 2019/2020

Putri, Ni Nyoman Diana and Ambara, Didith Pramunditya and Suniasih, Ni Wayan (2020) Pengembangan Media Gambar Cerita Berseri Untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional Anak Kelompok B Di TK Kumara Dharma Kerti Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611061016-COVER.pdf

Download (797kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611061016-ABSTRAK.pdf

Download (109kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611061016-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (150kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611061016-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (285kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611061016-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (560kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611061016-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (418kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611061016-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (109kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611061016-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (245kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611061016-LAMPIRAN.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) yang artinya menghasilkan sebuah produk. Produk yang dihasilkan dalam penelitian ini berupa produk media pembelajaran gambar cerita berseri. Prosedur penelitian ini menggunakan model pengembangan yang dikembangkan oleh Brog and Gall menggunakan enam tahapan yang terdiri dari desain awal produk, tahap pengembangan produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk dan revisi produk. Dalam penelitian ini dilibatkan ahli materi dan ahli desain media pembelajaran sebagai validator. Subyek dari penelitian ini adalah guru kelompok B TK Kumara Dharma Kerti. Hasil uji coba terhahdap validator ahli materi dengan persentase skor 96,00% yang termasuk kategori sangat baik dengan keterangan sangat layak. Validator ahli media pembelajaran dengan persentase skor 92,50% yang termasuk kategori sangat baik dengan keterangan sangat layak. Respon hasil produk dari enam orang guru kelompok B dengan persentase skor 92,56% yang termasuk kategori sangat baik dengan keterangan sangat layak. Berdasarkan hasil uji coba yang dilakukan maka dinyatakan bahwa produk media pembelajaran gambar cerita berseri untuk meningkatkan kecerdasan emosional anak yang telah dikembangkan dapat digunakan di TK sebagai media pembelajaran. Kata Kunci: Media pembelajaran, gambar cerita berseri, kecerdasan emosional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran, gambar cerita berseri, kecerdasan emosional.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Ni Nyoman Diana Putri Trisna Dewi
Date Deposited: 22 Oct 2020 22:30
Last Modified: 22 Oct 2020 22:30
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4386

Actions (login required)

View Item View Item